2009-03-10

Virtual Box : Linux didalam Windows ?

Kalau kita ingin mencicipi OS terbaru misalkan Linux atau ingin mencoba compatibilitas program yang kita buat di berbagai OS (Linux dan Windows) secara bersamaan ternyata ada cara mudah yakni dengan menggunakan Virtual Box. Dengan software ini kita bisa menjalankan OS di dalam OS. Maksudnya adalah kalau kita punya OS Windows XP (Host) maka di virtual Box kita bisa menginstal OS lain (guest) seperti Linux (kernel 2.6) ataupun Windows Vista, misalnya. Virtual Box ini mirip dengan VMware, software virtual machine.


Ukuran software ini reltif kecil yaitu 16.863Kb untuk versi 1.5. Software ini berlicensi GNU. Jadi, kita bisa mendownloadnya secara gratis. Disarankan untuk OS Hostnya memiliki memory relatif besar. Karena nanti akan dishare dengan OS guestnya. Misal kita punya 512Mb dan untuk memori OS Host kita beri 256Mb maka memory (real) yang tersisa di OS host 256Mb.Tertarik?

Berikut saya berikan langkah-langkah menggunakannya untuk OS host Windows XP dengan OS guest PCLinuxOS 2007.

1. Download Virtual Box di sini (klik kanan save as). Tentukan OS Host yang kamu pakai apakah linux atau windows. Karena installernya beda.
2. Install Virtual Box. Caranya sama dengan menginstal software pada umumnya.
3. Buat Virtual Disk untuk Hardisk OS guest kita. pilih File > Virtual Disk Manager. Didalam Virtual Disk manager pilih New. Untuk OS guest PCLinux2007 saya memilih ukuran fix 3Gb.
4. Setelah selesai membuat Virtual Disk sekarang buat OS Guestnya. Pilih New dan ikuti wizardnya. Untuk Virtual Disknya pakai Virtual disk yang telak kita buat.
5. Sekarang setting OS Guest kita tersebut. Yang terpenting adalah tentukan lokasi sumber OS guest kita. select OS guest trus pilih setting > CD/DVD rom > centang Mount CD/DVD-Rom. karen sumber PClinux saya berupa ISO. maka saya pilih ISO image file.

6. Jangan lupa setting boot order ke CD/DVD ROM. caranya Setting > General > klik tab Advance. Pilih boot order
7. Kembali ke menu utama. select OS guest kita dan klik start.
8. Sekarang kamu siap menginstal OS Guest di Virtual Disk. Langkah-langkahnya sama seperti cara instal OS di komputer pada umumnya. Kalau kamu lebih suka Knoppix maka tidak perlu di install.





Virtual Box - Virtual Machine 3

Agar bisa sharing folder antara OS Host dengan OS Guest pada Virtual Box maka kita harus instal Guest Addition dulu.

caranya sebagai berikut (kamu dah harus instal OS Guest di Virtual Disk)
1. Ganti boot order di Virtual Box ke Disk virtual. klik setting > genereal > pilih tab advance > boot order.
2. Masih dalam setting menu, pilih CD/DVD Rom > centang Mount CD/DVD drive > ISO image file dan browse ke C:\Program Files\innotek VirtualBox\VBoxGuestAdditions.iso
3. Start OS Guest
4. Setelah masuk, buka Terminal dan ganti account ke Administrator dengan perintah SU
5. Ganti directory ke tempat CD ROM di mount
6. ketikkan perintah “sh ./VBoxLinuxAdditions.run” (tanpa tanda petik)
7. restart OS guest.

Untuk setting Folder agar bisa diakses oleh OS Guest
1. Pilih setting > Shared Folder > Add new folder. Browse folder di OS host yang ingin kamu share.
2. Sekarang masuk ke OS guest kamu.
3. Mount folder tadi ke Virtual disk kamu
caranya : ketikan di terminal “mount -t vboxsf [nama folder] [tujuan mount]“
contoh: nama folder lagu, dan ingin dimount di /media/lagu
“mount -t vboxsf lagu /media/lagu“
4. Sekarang lihat isi folder /media/lagu
5. Jangan lupa aktifkan audio di Virtual Box nya jika ingin mendengarkan lagu lewat OS Guest. Pilih setting > audio > Windows Direct Sound.

2nd Install Virtualbox di Ubuntu

Apa itu Virtualbox ? virtualbox adalah suatu program yang dibuat oleh innotex (http://www.innotek.de) yang bekerja untuk mem-virtual-kan suatu kondisi tertentu (dalam hal ini adalah sistem operasi) di dalam suatu sistem operasi yang telah ada. Sebenarnya selain VirtualBox masih ada program lain yang berfungsi sama, sebut saja VMWare, Parralel, Qemu,dll. Tetapi untuk kali ini penulis hanya akan membahas tentang VirtualBox.

Di UBUNTU untuk menginstall VirtualBox bisa dilakukan dengan menggunakan fasilitas Add/Remove Application atau dengan menggunakan fasilitas Synaptic Package Manager. Atau bisa juga dengan men-download programnya pada link yang terdapat di bagian bawah tulisan ini. Sebagai gambaran bagaimana wujud dan bentuk dari program VirtualBox ini disaat bekerja, penulis tampilkan screenshoot dari layar komputer penulis : (catatan:klik pada gambar untuk memperbesar)

Sebagaimana gambar diatas, Windows XP SP 2 berjalan mulus pada Ubuntu 7.10 Gutsy Gibbon sebagai Host. Windows XP yang berjalan pada Ubuntu dapat mengakses semua Peripherial yang ada pada laptop penulis (USB Port, LAN, CD-Rom) dengan sempurna. Dengan kata lain, kita seperti bekerja dengan 2 komputer.

Bagi teman-teman yang mungkin saat ini (setelah melihat screenshoot diatas) ingin mencicipi yang namanya VirtualBox, silahkan install melalui :

* Add / Remove Applications (terdapat pada section Other)
* Synaptic Package Manager (gunakan “virtualbox”pada kolom search. ingat, tanpa tanda petik)
* Download dari link yang tersedia di bagian bawah tulisan ini

Dan setelah installasi selesai, silahkan klik 2x pada icon Innotex VirtualBox. dan untuk memudahkan teman-teman saat pertama kali menggunakan VirtualBox, penulis sajikan (share) screenshoot dari layar penulis, (catatan: klik pada gambar untuk memperbesar)

Gb.1 Virtual Box SetupGb.2 Describe your New Machine

Define the MemoryCreating Virtual Space in your Harddisk
# Pada gambar diatas, Gambar pertama kita bisa lihat bahwa pertama kali kita jalankan VirtualBox, kita akan langsung di pandu untuk mensetting VirtualBox. (bagaimana ??? cukup user friendly kan ternyata linux itu ? )
# setelah kita mengklik “Next” maka kita akan langsung masuk ke tahap pemberian “nama machine” dan tipe OS dari mesin kita nanti. untuk nama, anda bisa bebas menentukan akan anda namakan dengan apa virtual machine anda nanti. dan untuk type OS, harap di samakan dengan OS yang akan anda Install ke-dalam VirtualBox nanti. Bila anda ingin menginstall Windows XP, maka pilihlah Windows XP pada pilihan System Operasi.
# klik-lah “Next” setelah anda selesai memberi nama dan menentukan tipe OS anda, maka anda akan masuk ke area dimana anda harus menentukan seberapa besar memory yang akan anda alokasikan untuk Virtual Machine anda. mohon di perhatikan, memory di sini sangat berpengaruh terhadap kinerja komputer. baik komputer Host maupun Guest. alokasi memory yang terlalu kecil akan membuat Virtual Machine anda keteteran dalam menjalankan tugasnya, demikian pula sebaliknya, alokasi memory yang terlalu besar akan membuat komputer Host yang kedodoran. Idealnya, alokasikanlah memory untuk Virtual Machine dengan rentang 256mb - 512mb. setelah itu klik “Next” untuk masuk ke tahap selanjutnya.
# pada tahapan ini anda harus menentukan seberapa besar kapasitas Hardisk yang akan anda gunakan untuk Virtual Machine anda nanti, apabila sebelumnya anda belum mendefinisikannya, ditandai dengan tulisan , buatlah dengan menekan tombol “New”. Anda akan di bawa ke tahap seperti pada gambar di bawah ini :
Gb.1. setting Hardisk Virtual MachineGb.2 setting Hardisk Virtual Machine
Gb.3 Setting Hardisk Virtual Machine

* pada gambar 1 diatas adalah informasi bahwa anda memasuki fasilitas hardisk wizard. tekan “Next” untuk melanjutkan.
* anda akan memasuki tahap seperti gambar.2 diatas, dimana anda di hadapkan pada pilihan, Dynamic expanding image, atau Fixed-size image. Bila anda memilih pilihan pertama, maka Virtual box akan mengalokasikan hardisk sesuai yang kita tentukan nanti pada tahap selanjutnya, sesuai dengan perkembangan. Dalam artian, image dari Hardisk nanti di awali dengan ukuran sekecil mungkin dan akan berkembang seiring seberapa banyak program yang anda install di dalam Virtual Machine anda nanti, tetapi tidak akan lebih besar dari yang telah anda tentukan. Tetapi bila anda memilih pilihan yang ke 2 yaitu Fixed-size image, maka VirtualBox akan mengalokasikan seluruh alokasi hardisk yang telah anda tentukan untuk digunakan sebagai image dari virtual machine. perbedaan ini berpengaruh kepada kecepatan akses, Fixed-size akan lebih cepat dalam performance, tetapi kerugiannya adalah hardisk kita udah di plot sebesar yang kita tentukan. penulis cenderung untuk merekomendasikan opsi yang ke 2. Setelah itu klik “Next” untuk ke tahap berikutnya.
* pada gambar 3, kita diminta untuk menentukan seberapa besar kapasitas hardisk kita yang akan digunakan untuk virtual machine nanti, dan angka yang di recomended-kan adalah tidak lebih kecil dari 10Giga atau dengan kata lain untuk bekerja dengan baik, virtual machine memerlukan kapasitas hardisk minimal sebesar 10 Giga.

Gb.5 setting up VirtualBox
Setelah anda menentukan besarnya kapasitas hardisk dilanjutkan dengan menekan tombol “Next” maka selanjutnya anda sampai di akhir setting VirtualBox ditandai dengan adanya Summary dari VirtualBox tentang apa yang telah anda Setting. Dan bila anda telah yakin silahkan tekan tombol Finish untuk mengakhirinya. Sampai dengan tahap ini anda telah selesai mensetting VirtualBox dan siap untuk anda gunakan.
Pada saat pertama kali anda tekan tombol power pada VirtualBox mungkin anda akan menemui pesan error “permission denied bla bla bla… ” yang intinya kita harus memastikan bahwa user harus memiliki hak untuk memakai Virtual Box. Gak usah bingung, solusinya adalah : System ->Administration -> User and Group, trus klik pada bagian Manage Group dan scroll kebawah cari vboxusers, klik property dan centang siapa saja user yang berhak memakai Virtual Box, setelah itu restart dan VirtualBox anda siap untuk di gunakan.

Install sistem operasi di dalam Windows menggunakan Virtual Box

Dual booting…itu merupakan salah satu alternatif jika anda ingin menginstal 2 sistem operasi dalam PC/Laptop. Bagaimana kalo 3 sampai 5 sistem operasi dalam satu komputer? Namanya mungkin many booting hehehe… Kali ini saya akan sharing bagaimana menginstal 3 – 5 sistem operasi dalam satu computer. VirtualBox adalah tools yang akan saya gunakan, tools ini sama fungsinya dengan VMware Fusion atau Parallels ataupun virtual tools yang laen. Perbedaan hanya pada pengoperasiannya saja dan toolsnya open source.

VirtualBox yang awalnya dikembangkan oleh Innotek GmbH. sebelum diakuisisi oleh Sun Microsystems ini tersedia dalam versi Windows, Linux, serta OpenSolaris. Dan tampaknya pengembangan kedepannya difokuskan untuk kalangan enterprise yang mengutamakan kecepatan dan kestabilan kinerja. Selain itu Virtual Box juga open source dan bisa di download di situs resminya. Dengan besar file hanya sekitar 48 MB, VirtualBox ini memiliki fitur mulai dari driver, folder sharing, interkoneksi USB, printer, dan lainnya yang tak kalah lengkap dibanding VMware Fusion ataupun Parallels. Tertarik??? So let’s try…
Pertama install VirtualBox nya

Kemudian jalankan VirtualBox, klik |New| lalu anda akan masuk ke Jendela Welcome to the New Virtual Machine Wizard, anda klik |Next| maka akan muncul jendela seperti di bawah ini

Masukan Nama system operasi yang akan diinstall, kali ini kita akan menginstal Ubuntu 8.04 dan sesuaikan dengan pilihan pada “OS Type nya”. Jika di system operasi yang diiinistal tidak ada pilihannya maka pilih saja “Other/Unknown”. Pilihan OS Type hanya memudahkan kita untuk mengatur space virtual yang akan di gunakan. Setelah anda pilih lalu klik |Next|

Dalam jendela ini kita akan memilih berapa besar kapasitas memory yang akan kita alokasikan dalam OS virtual kita. Perlu di ingat, jika kita akan mengistal lebih dari satu system dalam Virtual Box maka kita harus me-manage alokasi memory yang akan digunakan dengan menyesuaikan kapasitas memory (RAM) yang kita punya. Logikanya misal RAM 2 GB maka setidaknya kita harus menglokasikan sedikitnya 512 MB untuk system operasi ‘host’ (OS utama) dan sisanya untuk system operasi dlm virtual machine, misal kita pukul rata 256 MB tiap OS maka kita dapat menginstal 6 OS. Resikonya komputer akan lemot jika ke enam OS itu di jalan kan bersama. Setelah mengalokasikan memory lalu klik |Next|

Dalam jendela ini kita akan membuat Virtual Hardisk yang akan digunakan untuk menginstal OS anda. Pilih |New| lalu anda akan masuk dalam jendela “Welcome to the Create New Virtual Harddisk wizard” dari jendela tersebut klik |Next| . Pilih “Dynamically expanding image” lalu klik |Next| lagi. Sedikit penjelasan button |Existing| dapat dipilih jika kita sudah mempunya Virtual Hardisk sebelumnya dengan ekstensi .vdi.

Di sini kita akan mengalokasikan berapa banyak kapasitas hardisk virtual yang kita gunakan. Default dari penyimpanan Virtual hardisk ini adalah C:\Documents and Settings\user_name\.VirtualBox\VDI\Ubuntu 8.04.vdi . Kita dapat memindahkannya dengan meng klik icon folder di sebelah kanan nama OS pada “Image File Name”. Kemudian klik |Next| selanjutnya klik |Finish|. Kemudian klik |Next| lagi.

Nah sekarang kita sudah mempunyai Hardisk virtual dengan kapasitas 3 GB. Selanjutnya kita tinggal menginstal OS yang kila pilih.Dengan cara double klik pada OS yg akan diinstal. Kemudian akan masuk dalam jendela “Welcome to the First Run Wizard” klik |Next|

Untuk install kita bisa menggunakan CD OS (disini CD Ubuntu 8.04) atau menggunakan file image/iso dengan ekstensi .iso

Setelah OS berhasil diinstall, maka selanjutnya adalah menginstall VirtualBox Guest Additions agar seluruh hardware dapat bekerja dengan baik; seperti soundcard, network, usb, dan sinkronisasi hardware yang lain. Langkah pertama adalah pilih |Setting| kemudian pilih |CD/DVD-ROM| lalu chek Mount CD/DVD Drive pada ISO image file arahkan ke C:\Program Files\Sun\xVM VirtualBox\VBoxGuestAddition.iso

Kemudian jalankan sistem operasi dengan cara klik |Start|

Pastikan icon CD VBOXADDITIONS sudah masuk, kemudian install Guest Adition tersebut dengan perintah :
sh ./VBoxLinuxAdditions.run
Setelah Guest Addition terinstal maka dengan shortcut |CTRL+L| kita dapat masuk mode Seamless Mode

2009-03-05

Cara Menginstal Windows XP

Yang harus diperhatikan dalam menginstal/menginstal ulang windows xp :
1.Siapkan Cd Instal Windows XP yang bootable (cd windows xp yang bisa booting/bootable).
Jika Cd windows xp tidak bootable maka anda terlebih dahulu harus menginstal windows 98, lalu baru menginstal windows xp biasa (seperti menginstal program)
Ingat dan catat serial numbernya.
2.Yang pasti computer anda ada cd roomnya, he..he…he….
3.Backup data/documents apa saja yang menurut anda penting yang ada didalam drive C ke drive lainnya misal ke drive D.
Karena semua data/program yang ada didalam drive C semuanya akan hilang, kecuali anda merepair/memperbaiki maka data/program yang ada di drive C tidak akan hilang
4.Siapkan Cd driver yang dibutuhkan oleh computer anda, seperti driver motherboat, sound, dan driver VGA card
5.Jika anda perokok siapkan rokok terlebih dahulu supaya tidak bosen, karena instalasi memakan waktu kurang lebih setengah jam (tergantung kecepatan computer anda)
6.Jika anda belum Sholat, lebih baik Sholat dulu karena biasanya kalau didepan computer orang akan lupa segalanya, dan jangan lupa berdo’a supaya proses instalasi ini berjalan seperti yang anda inginkan…..amin.


Proses Instalasi :
1.Masukan CD installer Windows Xp kedalam Cd room anda.
2.Restar computer.

Yang harus diperhatikan dalam menginstal/menginstal ulang windows xp :
1.Siapkan Cd Instal Windows XP yang bootable (cd windows xp yang bisa booting/bootable).
Jika Cd windows xp tidak bootable maka anda terlebih dahulu harus menginstal windows 98, lalu baru menginstal windows xp biasa (seperti menginstal program)
Ingat dan catat serial numbernya.
2.Yang pasti computer anda ada cd roomnya, he..he…he….
3.Backup data/documents apa saja yang menurut anda penting yang ada didalam drive C ke drive lainnya misal ke drive D.
Karena semua data/program yang ada didalam drive C semuanya akan hilang, kecuali anda merepair/memperbaiki maka data/program yang ada di drive C tidak akan hilang
4.Siapkan Cd driver yang dibutuhkan oleh computer anda, seperti driver motherboat, sound, dan driver VGA card
5.Jika anda perokok siapkan rokok terlebih dahulu supaya tidak bosen, karena instalasi memakan waktu kurang lebih setengah jam (tergantung kecepatan computer anda)
6.Jika anda belum Sholat, lebih baik Sholat dulu karena biasanya kalau didepan computer orang akan lupa segalanya, dan jangan lupa berdo’a supaya proses instalasi ini berjalan seperti yang anda inginkan…..amin.


Proses Instalasi :
1.Masukan CD installer Windows Xp kedalam Cd room anda.
2.Restar computer.
3.pilih booting awal ke Cd room
Untuk mengganti booting awal ke cd room anda bisa masuk ke bios dengan cara restart computer lalu tunggu tulisan Pres Del to enter setup, dan anda harus menekan tombol Del yang ada di keyboard. Otomatis tampilan layar monitor akan menuju bios biasanya warna biru, kemudian anda cari sub menu yang memanagement booting (biasanya sub menu advance bios feature-boot sequence).
Jika Motherboat anda keluaran terbaru untuk mengganti booting awal ke cd room anda cukup menekan tombol F8 atau F10 atau F11, tentunya setelah anda restart.
Jika anda masih belum mengerti tanyakan pada teman anda yang menurut anda mengetahui sedikit banyak tentang cara mengganti booting awal ke cd room.
Dan jika teman anda pun gak ada yang mengerti, sebaiknya tutup artikel ini, lalu anda cuci kaki dan gosok gigi kemudian tidur saja.
4.Setelah proses booting berhasil kemudian ada tulisan pres any key to boot from cd, maka anda harus menekan salah satu tombol di keyboard anda (misal tekan enter), setelah itu layar computer otomatis menjadi warna biru.
5.Anda akan berada pada layar window setup (tulisan window setup berada dipojok kiri atas), tunggu

6.kemudian muncul layar window xp proses setup (tulisan ini juga berada pada pojok kiri atas).dilayar ini anda akan dihadaokan pada pilihan seperti :
To setup window xp press ENTER
To repair winows xp installing using recovery……, press R
To quit setup……… press F3
Pada pilihan-pilihan tersebut anda pilih pilihan yang teratas yaitu anda tekan ENTER
7.Lalu anada dihadapkan pada layar window xp licenci agreement
Pada layar ini anda pilih/tekan F8
8.Kemudian anda dihadapkan lagi pada layar windowxp process setup, dilayar ini terdapat juga pilihan-pilihan seperti :
To repair, press R
To continue , press ESC (escape)
Pada pilihan-pilihan tersebut anda pilih pilihan yang kedua yaitu anda tekan ESC.
9.Kemudian anda dihadapkan lagi pada pilihan-pilihan, seperti :
To setup, press ENTER
To create……., Press C
To delete……., Press D
Pada pilihan-pilihan tersebut anda pilih pilihan yang teratas yaitu anda tekan ENTER
10.Kemudian anda juga akan dihadapkan kembali pada pilihan-pilihan, seperti :
To Continue, Press C
To Select Different….., Press ESC
Pada pilihan-pilihan tersebut anda pilih pilihan yang teratas yaitu anda tekan C
11.Lalu ada pilihan-pilihan lagi, seperti :
..........NTFS (Quick)
……..FAT (Quick)
……..NTFS
……..FAT
……...Confert to NTFS/FAT
……..Leave No Change.
Pada pilihan-pilihan tersebut terserah anda mau pilih yang mana tergantung anda apakah mau memakai system NTFS atau sytem FAT
Tetapi penulis biasanya memakai sytem FAT, karena FAT bisa dibaca pada System Windows 98.
Jadi pada pilihan tersebut diatas, pilih pilihan ke dua yaitu memakai System FAT. Tuliasan Quick berarti saat anda memformat Drive C tersebut Prosesnya Cepat.
12.Kemudian anda dahadapkan lagi pada pilihan-pilihan seperti :
To Format, Press F
To Select..., Press ESC
pada pilihan-pilihan tersebut anda pilih pilihan yang teratas yaitu anda tekan F
13.Lalu tekan ENTER, ENTER……
14.Anda tunggu Proses tersebut.
15.Nanti pada saat kurang lebih pada menit ke 33 akan muncul windows baru yaitu system meminta Serial Number, Waktu dan Area/Zona (pada saat memilih area/zona pilih GMT+7 yaitu area Jakarta)…..next
16.Tunggu Proses Instalasi……….
17.Pada Saat Komputer Restart anda jangan menekan apa-apa sampai proses instalasi tersebut selesai.
18.Setelah proses instalasi selesai, kemudian anda install Drivernya.
19.Selesai
20.Baca Alhamdulillah.

Bagaimana cara memperbaiki Windows XP tanpa instalasi ulang Software Add comments

Berikut tahapan2 sesuai dengan jenis kesalahan.

1. Memperbaiki Instalasi (Repair Install)
Jika Windows XP Anda rusak (corrupted) dimana Anda tidak mempunyai sistem operasi lain untuk booting,
Anda dapat melakukan perbaikan instalasi (Repair Install) yang bekerja sebagaimana setting (pengaturan)
yang awal.

- Pastikan Anda mempunyai kunci (key) Windows XP yang valid.
- Keseluruhan proses akan memakan waktu kurang lebih 1/2 atau 1 jam, tergantung spek komputer Anda.
- Jika Anda dimintai password administrator, sebaiknya Anda memilih opsi perbaikan (repair) yang kedua,
bukan yang pertama.
- Masukkan CD Windows XP Anda dan lakukan booting dari CD tersebut.
- Ketika sudah muncul opsi perbaikan kedua R=Repair, tekan tombol R
Ini akan memulai perbaikan.
- Tekan tombol F8 untuk menyetujui proses selanjutnya “I Agree at the Licensing Agreement”
- Tekan tombol R saat direktori tempat Windows XP Anda terinstal. Biasanya C:\WINDOWS
Selanjutnya akan dilakukan pengecekan drive C: dan mulai menyalin file-file.
Dan secara otomatis restart jika diperlukan. Biarkan CD Anda dalam drivenya.
- Berikutnya Anda akan melihat sebuah gambar “progress bar” yang merupakan bagian dari perbaikan,
dia nampak seperti instalasi XP normal biasanya, meliputi “Collecting Information, Dynamic Update,
Preparing Installation, Installing Windows, Finalizing Installation”.
- Ketika ditanya, klik tombol Next
- Ketika ditanya untuk memasukkan kunci, masukkan kunci (key) Windows XP Anda yang valid.
- Normalnya Anda menginginkan tetap berada dalam nama Domain atau Workgroup yang sama.
- Komputer akan restart.
- Kemudian Anda akan mempunyai layar yang sama sebagaimana pengaktifan sistem ketika instalasi normal.
- Register jika Anda menginginkannya (biasanya tidak diperlukan).
- Selesai

Sekarang Anda bisa log in dengan account Anda yang sudah ada.

__________________________________________________

2. NTOSKRNL Rusak atau Hilang (Missing or Corrupt)
Jika Anda mendapati pesan error bahwa “NTOSKRNL not found” / NTOSKRNL tak ditemukan, lakukan:
- Masukkan CD Windows XP dan booting dari CD tersebut.
- Pada saat muncul opsi R=Repair yang pertama, tekan tombol R.
- Tekan angka sesuai dengan lokasi instalasi Windows yang ingin diperbaiki yang sesuai.
- Biasanya #1
- Pindahlah ke drive CD Drive Anda berada.
- Tulis: CD i386
- Tulis: expand ntkrnlmp.ex_ C:\Windows\System32\ntoskrnl.exe
- Jika Windows XP Anda terinstal di tempat lain, maka ubahlah sesuai dengan lokasinya.
- Keluarkan CD Anda dan ketikkan EXIT

__________________________________________________

3. HAL.DLL Rusak atau Hilang (Missing or Corrupt)
Jika Anda mendapatkan error berkenaan dengan rusak atau hilangnya file hal.dll, ada kemungkinan
file BOOT.INI mengalami salah konfigurasi (misconfigured).

- Masukkan CD Windows XP dan booting dari CD tersebut.
- Pada saat muncul opsi R=Repair yang pertama, tekan tombol R.
- Tekan angka sesuai dengan lokasi instalasi Windows yang ingin diperbaiki yang sesuai.
- Biasanya #1
- Tulis: bootcfg /list
Menampilkan isi/masukan pada file BOOT.INI saat ini
- Tulis: bootcfg /rebuild
Memperbaiki konfigurasi dari file BOOT.INI
- Keluarkan CD Anda dan ketikkan EXIT

__________________________________________________

4. Direktori \WINDOWS\SYSTEM32\CONFIG rusak atau hilang
Jika Anda mendapatkan error dengan tulisan:

“Windows could not start because the following files is missing or corrupt
\WINDOWS\SYSTEM32\CONFIG\SYSTEM or \WINDOWS\SYSTEM32\CONFIG\SOFTWARE”

- Masukkan CD Windows XP dan booting dari CD tersebut.
- Pada saat muncul opsi R=Repair yang pertama, tekan tombol R.
- Tekan angka sesuai dengan lokasi instalasi Windows yang ingin diperbaiki yang sesuai.
- Biasanya #1
- Masukkan password administrator jika diperlukan.
- Tulis: cd \windows\system32\config
- Berikutnya tergantung di bagian mana letak terjadinya kerusakan:
- Tulis: ren software software.rusak ATAU ren system system.rusak
- Berikutnya lagi juga tergantung di bagian mana letak terjadinya kerusakan:
- Tulis: copy \windows\repair\system
- Tulis: copy \windows\repair\software
- Keluarkan CD Anda dan ketikkan EXIT

__________________________________________________

5. NTLDR atau NTDETECT.COM tak ditemukan (NTLDR or NTDETECT.COM Not Found)
Jika Anda mendapati error bahwa NTLDR tak ditemukan saat booting:

a. Untuk partisi tipe FAT
- Silakan Anda melakukan booting dari disket Win98 Anda dan salinlah file NTLDR atau NTDETECT.COM
dari direktori i386 ke drive induk/akar (root) C:\

b. Untuk partisi tipe NTFS
- Masukkan CD Windows XP dan booting dari CD tersebut.
- Pada saat muncul opsi R=Repair yang pertama, tekan tombol R.
- Tekan angka sesuai dengan lokasi instalasi Windows yang ingin diperbaiki yang sesuai.
- Biasanya #1
- Masukkan password administrator jika diperlukan.
- Masukkan perintah berikut, dimana X: adalah alamat drive dari CD ROM Anda (Sesuaikan!).
- Tulis: COPY X:\i386\NTLDR C\:
- Tulis: COPY X:\i386\NTDETECT.COM C:\
- Keluarkan CD Anda dan ketikkan EXIT

Membuat Boot CD dengan Software Nero Burning

Ide

Hal yang mungkin terjadi pada hardisk adalah program crash pada satu partisi bootable dan anda perlu memformat harddisk kembali. Atau bootable partisi pertama terkena virus dan program Windows 98 rusak adalah salah satu hal yang menjengkelkan.

Atau kebetulan, Diskette boot anda yang berisikan Windows 98 rusak ATAU floppy drive anda rusak karena terlalu lama tidak dipakai atau memang sudah habis waktu pakainya alias kaput.

Hal seperti diatas ini adalah hal yang sering terjadi, tentunya dengan sedikit antisipasi hal tersebut dapat dihindari.

Untuk computer baru yang memiliki setting pada BIOS untuk melakukan BOOT pada CD-ROM menjadi kemudahan anda bila suatu hari hal - hal diatas terjadi. Tentunya sekarang dilakukan persiapan sebelum terjadi hal tersebut diatas. Atau anda harus datang ke Glodok dan meminta bantuan ke toko-toko disana serta memohon " Ko, tolong copi-in Boot DOS dong ? ".

Pembuatan dibawah ini hanya ditujukan untuk pemakaian Windows 95/98
Persiapan

Peralatan yang dibutuhkan adalah :

* Disk drive untuk floppy disk baik dalam bentuk 3.5" atau 5.25". Yang penting Disk drive masih bekerja dengan baik. (pinjem kalau enga punya)
* Sebuah CD-Writer (pinjam jugakalau tidak punya juga)
* Software Nero Burning (versi yang diuji adalah 5.0.3.8), (download kalau enga mau beli CD nya)
* CD-Blank
* Sebuah diskette (floppy disk) dalam kondisi baik (beli, disket aja minjem)

Tahapan membuat Boot Disk

Tahap 1

Persiapan pertama adalah membuat boot disk dalam bentuk floppy disk. Format disket dengan parameter :

C> FORMAT A: /S /U

Arti /S adalah memerintahkan program Format untuk memformat diskette dengan System program sehingga Diskette dapat melakukan proses booting pada diskdrive. Arti /U adalah unconditional yang memerintahkan program format untuk memformat seluruh isi diskette tanpa terkecuali termasuk pemeriksaan bad sector pada diskette. /U dapat tidak digunakan bila diskette memang masih baru. Hati hati jangan harddisk yang diformat tetapi diskete yang harus diformat

Diskete diperlukan, karena file pada diskette tersebut akan diambil dan disimpan sesuai dengan format bootable CD-ROM dari program Nero Burning.

Tahap 2

Masukan program pada floppy, yang terpenting adalah terdapat driver untuk loading CD-ROM. Gunakan driver CD-ROM yang universal (khususnya Untuk IDE-CDROM).

Juga software MSCDEX.EXE, untuk mengenal CD-ROM drive. Serta program HIMEM.SYS serta SMARTDRV.EXE bila diperlukan.

Selanjutnya buat 2 file CONFIG.SYS dan AUTOEXEC.BAT file. Asumsi adalah CD-ROM dengan interface CD-ROM IDE.

Untuk membuat CONFIG.SYS dapat dilakukan dengan

A>copy con config.sys
device=himem.sys
files=30
buffers=30
dos-high
device=cddrv.sys /d:cd (tekan F6 untuk menutup file)

HIMEM.SYS, membuat program extended memory pada computer terbuka. Meloading program ini diperlukan bila ingin melakukan cache buffer untuk computer dengan program SMARTDRV.EXE. Bila tidak menggunakan SMARTDRV.EXE maka loading HIMEM.SYS dapat dihilangkan. DEVICE=CDDRV.SYS /D:CD adalah memerintahkan sistem operasi meloading driver program CDROM yaitu CDDRV.SYS dan memberi nama CD-ROM dengan device CD. Nama "CD" dapat diganti seperti "CDGUE" atau CDR dan lainnya asalkan nama tersebut sama pada parameter di file AUTOEXEC.BAT.

Untuk membuat AUTOEXEC.BAT dapat dilakukan dengan

A>copy con autoexec.bat
mscdex /d:cd
smartdrv (tekan F6 untuk menutup file)

MSCDEX /D:CD, memerintahkan program MSCDEX mengenali driver CD-ROM yang telah diload pada CONFIG.SYS. Untuk SMARTDRV adalah cache buffer. File ini dapat disertakan atau tidak pada FILE batch AUTOEXEC.BAT

Dapat juga mengunakan Editor pada Windows untuk membuat file AUTOEXEC.BAT dan CONFIG.SYS untuk diskette.

Total persiapan untuk membuat boot CD terdapat 6 file yang disimpan pada floppy disk yaitu :

* HIMEM.SYS
* CDDRV.SYS (Driver untuk CD-ROM, mungkin namanya berbeda)
* SMARTDRV.EXE
* MSCDEX.EXE
* CONFIG.SYS
* AUTOEXEC.BAT

Tahap 3

Setelah boot disk dibuat, lakukan percobaan apakah floppy disk sudah berisikan program secara benar. Dengan cara melakukan boot computer dengan floppy disk, dan periksa apakah seluruh parameter tidak terjadi error, dan CD-ROM letter muncul (CD-ROM dapat dibaca dengan DOS)
Tahapan membuat CD-ROM bootable dari Program Nero

Jalankan program Nero Burning dengan setting CD_ROM BOOT. Setting pada Bootable logical drive untuk drive A:. Dan setting pada emulation driver dengan 1.44 MB Emulation. Jangan lupa memasukan Diskette kedalam Floppy disk drive.

Untuk file Option bila menghendaki data dari CD-ROM dengan format file Joliet maka setting tersebut harus diaktifkan. Nero Burning dengan Windows 98 dengan nama panjang (joliet) dapat disimpan kedalam CD, dan Windows 98 akan dapat membaca file dengan format Joliet tersebut, bila tidak program yang disimpan didalam CD nantinya hanya tampil dalam format ISO.

Untuk Volume label juga sebaiknya memasukan setting untuk Joliet agar seragam.

Selanjutnya masukan program-program yang diperlukan. Misalnya FORMAT, FDISK, SYS dan program instalasi lainnya termasuk file install untuk Windows 98.

Pengisian program pada CD-bootable nantinya dapat digunakan pemakaian yang berbeda-beda, misalnya program backup dari GHOST IMAGE bila anda menghendaki membuat backup file dari harddisk dengan GHOST IMAGE FILE dari program GHOST. Hal terpenting adalah jangan melebihi kapasitas dari CD-ROM yang akan ditulis.

Nantinya akan ada 2 drive, yaitu drive pertama (A:) yang berisikan file didalam floppy drive dan data dari CD-ROM yang berisikan data baik program, file backup atau setup program dari Windows tergantung anda ingin menyimpan data apa pada media CD yang akan di burning.

Proses terakhir adalah menulis CD (burn-CD)


Akhir pembuatan CD

Setelah CD-blank selesai ditulis, sebaiknya mencoba CD yang telah selesai di burning. Dan jangan lupa merubah BIOS setting untuk dapat melakukan bootable dengan CD-ROM.

Pemula : Pahami pengerjaan partisi Hardisk

Bagi yang suka ngoprek2 komputer mungkin sudah tidak aneh lagi sering menambah partisi atau sebaliknya untuk menginstall macam2 distro di dalam sebuah PC. Untuk menginstall 5 macam sistem operasi dalam sebuah PC maka diperlukan minimal 5 partisi yang berbeda. Untuk itu pahami pengerjaan partisi.

1. Jenis partisi.
a. Primary
b. Extended
c. Logical
d. Swap

2. Maksimal partisi utama di hardisk hanya empat partisi saja, selebihnya jika ingin menambah partisi lagi maka dibuat Extended partisi lalu dibuat partisi logical. Apa itu? nanti dijelaskan.

3. Mengerjakan partisi itu perlu supply power yg continue. Artinya jangan sampai mati lampu. Klo power terputus pada saat pengerjaan maka partisi akan blank. Ngk masalah sih klo ngk ada datanya. Tp klo ada datanya bisa menangis 7 hari 7 malam.

4. Hindari pengerjaan partisi aktif. Artinya mengerjakan partisi yg ada datanya. Resize partisi aktif akan memakan waktu yg lama dan klo kita coba batalkan maka juga akan membuat partisi blank. Hilang tu data di partisi itu.

5. Jika ingin membuat banyak partisi, misal 10 partisi sebaiknya buat tiga partisi dulu. Dua partisi primary dan satu partisi extended. Sisanya buat partisi logical. Klo distro linux tdk akan bermasalah diinstall di partisi logical. Win 98 yg tdk bisa diinstall di partisi logical. Ngomong2 ada yg msh pake win 98 dalam multybooting?

6. Extended partisi adalah ibarat sebuah rumah yg didalamnya memiliki banyak kamar. Rumah itu adalah extended partisi dan kamar itu adalah logical partisi. Memang dia memiliki penamaan seperti nama partisi yg lain seperti sda3, tetapi dia bukanlah partisi. Jadi yg bisa diisi adalah partisi logical yg ada di dalam extended partisi.

7. Setelah partisi utama habis terbuat maka hanya akan ada pilihan membuat partisi logical yg terletak di dalam extended partisi dengan syarat extended partisi sudah dibuat terlebih dahulu.

8. Partisi swap adalah partisi yg digunakan oleh linux untuk memindahkan proses yg ada di memori (RAM). Buat swap sebesar RAM anda itu idealnya.

9. Untuk meresize/melebarkan/menyempitkan partisi maka untuk langkah amannya kosongkan dulu partisi tersebut baru dikerjakan. Partisi yg kosong lebih cepat dikerjakan dan lebih aman. Ingat, awas padam listrik.

10. Oh ya ingat file system. NTFS untuk windows XP ke atas. Ext2, Ext3 untuk linux. Ext4 juga ada di kernel linux yg baru 2.6.28 yg mendukung hardisk sebesar 1 EB (exbi byte). Sekitar 1024 PB, sekitar 1 juta TB, Atau 1 milyar GB.

11. Ingat selalu untuk backup data dan awas padam listrik saat mengerjakan partisi yg ada datanya. Pake selalu UPS.

12. Gunakan Live CD yg ringan seperti Parted Magic untuk mengerjakan partisi dan sudah mendukung Live USB.

MENGINSTAL WINE DI PUPPY LINUX

Untuk menjalankan program windows di puppy linux tidak pertamanya tidak semudah yang dibayangkan. Karena puppy adalah distro linux yang kecil yang di dukung oleh sumber daya yang kecil pula, maka banyak orang yang berpikiran kalau puppy tidak akan suport untuk menggunakan wine.

Dulu saya pun beranggapan demikian, tapi sekarang berubah, ternyata puppy bisa suport dengan program linux apa saja, karena puppy bisa merubah file yang tadinya bukan untuk puppy menjadi file yang suport terhadap puppy.

Langsung saja kita coba....

Untuk wine memang puppy tidak mempunyai file PET. File berektension pet ini adalah file pendukung yang bila di klik langsung akan terinstal secara otomatis. Untuk mendapatkan file pet ini silahkan anda download dulu file wine untuk linux slackware. Nama filenya wine-1.1.15-i486-1kjz.tgz Simpan di folder apa saja, kalau saya selalu menyimpan file di /mnt/home karena kalau ada apa-apa dengan program puppy, file masih bisa diakses dengan program lain. Maklum sering coba coba program linux yang lain.

Cara merubah file menjadi PET dengan perintah pada consol:

tgz2pet [namafile]

kalau kesusahan, langsung saja ke tempat file yang dimaksud dengan file managernya, setelah ada di tempat file klik kanan, cari pilihan open console. Lalu ketik tgz2pet wine-1.1.15-i486-1kjz.tgz pada consol puppy tersebut. Kemudian tunggu proses hingga file tadi berubah menjadi wine-1.1.15-i486-1kjz.pet. Langsung klik file wine-1.1.15-i486-1kjz.pet untuk menginstalnya. Dan tunggu proses agak lama.................

Setelah selesai, silahkan coba instal file windows yang akan di coba di puppy... perintahnya

wine [nama file].

Yang perlu diingat bawa jangan sampai ketinggalan nama direktori tempat menyimpan file tersebut. Dan jangan mengarahkan ke direktori yang memakai spasi karena pupy tidak bisa melakukan printah tersebut.

Sebagai contoh, saya mencoba menginstal program billing warnet versi windows di puppy. Lokasi filenya adalah /mnt/home/client/setup.exe jadi perintahnya di consol adalah :

wine /mnt/home/client/setup.exe

ingat jangan mengarahkan instalasi ke folder yang memakai spasi, saya merubah folder yang tadinya memakai spasi menjadi tidak. Seperti Program files menjadi Programfiles. Biasanya pada waktu instalasi suka di tanya ke mana arah tujuan instalasi tersebut.

Kalau sudah selesai, maka kita tinggal coba menjalankan program tadi dengan perrintah yang sama ketiaka menginstal

wine [namafiletujuan]

kalau sudah berhasil menjalankan perintah tadi di consol, coba kita buat dengan membuat script supaya bisa di jalankan secara otomatis. Membuat consolenya dimana saja, kalau saya membuat di /root/user/bin dengan file manager. Di tempat tersebut, klik kanan, pilih new, terus script. Beri nama sesuai dengan nama file yang akan di tuju.

Untuk memudahkan membuat script tadi, buka jendela windows yang baru dan menuju file yang akan di buatkan script. Klik kanan pada file tersebut, terus pilih link nanti akan terbuka jendela baru tang berisikan alamat file, tinggal copy.

Kembali ke scrip tadi yang baru di kasih nama, klik kana, pilih open with lalu pilih geany kalau sudah terbuka paste link file tadi dengan di awali wine terlebih dahulu. Isinya sama dengan perintah menjalankan waktu di consol. Lalu save filenya dan tutup. Program windows langsung bisa di jalankan.

Untuk meletakan script tadi di dekstop, tinggal tarik saja file tersebut ke dekstop nanti akan secara otomatis terbuat shortcutnya. Untuk mempercantik, silahkan buatkan gambar untuk ikonnya.

download wine untuk puppy di sini

Bosan dengan install ulang OS

Ini mungkin yang dialami oleh kebanyakan teman saya, mereka saat ini mengakui sendiri lelah untuk memelihara OS barbayar yang memang sudah menjadi OS paling banyak digunakan untuk saat ini. Mulai dari menjaga antivirus agar terus up to date dan juga OS yang digunakannya agar update juga. Belum lagi software-software yang digunakan agar juga update dengan versi terbaru.. wah cape juga ya :)

Tentunya hal diatas hanya bisa dilakukan bagi mereka yang memang menggunakan OS dan juga software legal, sehingga mereka bisa mendapatkan security update yang mereka butuhkan. Tapi bagaimana dengan yang memakai bajakan :D

Selain mereka telah melanggar hukum cipta, mereka tidak akan dapat mengupdate OS maupun software yang digunakan. Karena bagi yang menggunakan OS maupun software bajakan, pada saat akan melakukan update di internet biasanya akan ketahuan bahwa yang digunakannya adalah ilegal.

Trus bagaimana... ya biasanya mereka tidak akan melakukan update di internet dan akibatnya maka OS maupun software yang mereka gunakan akan sangat rentan keamanannya, terutama dari virus, spyware dan sebagainya.

Sebetulnya saya sudah pernah memberikan gambaran disini jika kita menggunakan semua OS dan software secara legal. Walaupun mahal tetapi keamanannya terjamin dan lebih stabil karena update security secara berkala. Bagi yang belum mampu membeli semuanya secara legal kita juga bisa bisa hanya dengan membeli OS nya yang legal dan untuk software lain cari alternatif yang freeware atau gratisan.

Solusi totalnya ya kita menggunakan OS dan software berbasiskan opensource, walau tetap tidak terhindar dari update yang memang dibutuhkan, namun hal tersebut didapatkan dengan cuma-cuma alias gratisss..

Memang sebuah dilema yang sudah manjamur dan mengakar kuat untuk merubah persepsi itu. Namun kita harus tetap berusaha untuk menghargai karya cipta orang lain, walaupun belum total stidaknya kita sudah berusaha.

Contoh nyata dari orang-orang yang bosan dengan install ulang adalah teman-teman saya, mereka kini telah melihat lebih dari sekedar yang biasa. Mereka mulai beralih ke opensource. Walau mereka membutuhkan pengorbanan lagi untuk mempelajari yang belum biasa itu. Namun setidaknya meraka sudah lebih baik.

2009-03-02

Tujuan Membuat Website...

Dalam membuat sebuah website ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum Anda memulainya.

Pertama, Anda bisa mengajukan sebuah pertanyaan kepada diri Anda sendiri yaitu “Apa tujuan Saya membuat website?” dengan menjawab pertanyaan tersebut dapat mengarahkan pikiran Anda untuk menentukan dan menjawab pertanyaan selanjutnya yaitu, “Website seperti apa yang akan saya buat untuk mencapai tujuan tersebut dan bagaimana cara membuat websitenya.”

Mengapa dimulai dengan mengajukan pertanyaan tersebut? Karena diharapkan nantinya website yang kita buat sesuai dengan yang kita inginkan dan bisa membawa kita mencapai tujuan yang kita inginkan dalam membuat website. Jangan sampai website sudah selesai Anda buat tetapi website yang Anda buat tidak sesuai dan tidak bisa menjadi media atau sarana untuk mencapai tujuan Anda.

Perlu Anda ketahui, jenis website itu bermacam-macam, ada yang hanya satu halaman sederhana saja seperti website ini, ada yang memuat beberapa halaman seperti website perusahaan, ada yang menggunakan sistem blog dan sering disebut juga blog atau weblog (website blog), ada yang menggunakan sistem CMS (Content Management System) seperti joomla, ada yang berupa forum diskusi, ada yang berupa website iklan baris, ada yang berupa website toko online dan ada yang lebih kompleks lagi seperti website komunitas friendster.

Anda perlu memulainya dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut sebelum Anda membuat website. Sehingga nanti Anda bisa memutuskan website seperti apa yang paling cocok dan sesuai untuk mencapai tujuan Anda. Karena masing-masing jenis website yang saya sampaikan diatas memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Contoh bila Anda ingin menjual berbagai macam produk, Anda membuat website toko online; bila Anda ingin menjual satu jenis produk saja bisa dengan satu halaman sederhana saja atau lengkap dengan menggunakan sistem pemesanannya; bila Anda ingin membuat website portal Anda bisa menggunakan Joomla; bila Anda ingin membangun branding dan mempublikasikan artikel bisa menggunakan blog; dan lain-lainnya.

Jadi bisa saya rangkumkan 3 pertanyaan tersebut yaitu:
membuat website Apa tujuan Saya membuat website?
membuat web Website seperti apa yang akan saya buat untuk mencapai tujuan tersebut?
cara membuat website Bagaimana cara membuat website tersebut?

Tuliskanlah jawaban tersebut dalam selembar kertas, dan jabarkanlah sedetail mungkin, bila perlu Anda bisa membuat sketsa website yang Anda inginkan atau bila Anda tidak memiliki gambaran sama sekali, Anda bisa googling (search) di internet untuk melihat-lihat website-website yang sudah ada.

Anda googling dengan topik tertentu sesuai dengan website seperti apa yang akan Anda buat, sehingga Anda bisa mengecek website-website lainnya menggunakan software website jenis seperti apa? Anda bisa menirunya, meniru BUKAN berarti Anda mengcopy isinya, tapi Anda meniru jenis websitenya (software website yang digunakan untuk membuat website tersebut). Karena membuat website saat ini sangat mudah, yaitu menggunakan software website, jadi Anda tidak perlu membuat web dari nol (dari dasar).

Anda bisa googling di Google.com

cara membuat website.

Setelah Anda memilih jenis website, bisa Anda pelajari dan telusuri, apakah ada software website yang tersedia untuk membuat jenis website tersebut. Saat ini banyak software website yang sudah jadi, dan tinggal Anda gunakan.

Anda tidak perlu membuatnya dari dasar (awal) dan tidak perlu paham mengenai programming. Anda tinggal menginstalnya dan memasukkan data-data untuk website Anda.

Tentunya Anda harus mengikuti lisensi penggunaan software website tersebut, karena ada yang menjualnya dan ada juga yang menyediakannya secara open source yang bisa digunakan secara gratis dengan syarat tertentu. Syarat penggunaan pada umumnya yaitu Anda diharuskan tetap mencantumkan link ke pembuat software tersebut.

Dan pada tahap pertama ini, Anda harus sudah menentukan tujuan Anda dalam website dan website seperti apa yang Anda inginkan.

.

II. Persiapan Belajar Membuat Website...

Untuk membuat website ada 3 bagian utama yang perlu Anda pahami yaitu:
cara membuat web Domain
cara membuat website Hosting
belajar wordpress Software Website

II.1 Domain

Domain adalah nama atau alamat dari sebuah website. Di Internet, setiap orang harus mengetikkan sebuah nama domain untuk bisa membuka dan membaca isi dari sebuah website. Dalam hal ini, peranan pemilihan nama domain cukup penting untuk membedakan website Anda dengan website orang lain.

Domain ini terdiri dari nama domain dan extension. Contoh blogbisnisinternet.com, blogbisnisinternet adalah nama domain dan .com adalah extensionnya. Extension biasanya mewakili untuk kategori tertentu seperti .com untuk keperlukan komersial, .net untuk keperluan jaringan, .org untuk keperluan website nonkomersial, dan lain-lainnya.

Extension bermacam-macam, bisa berupa TLD (Top Level Domain) seperti .com, .net, .org atau ada juga yang berupa cTLD (country Top Level Domain) seperti .co.id, .co.cc dimana id mewakili domain negera Indonesia.

Untuk memilih nama domain Anda bisa menggunakan website yang menyediakan jasa registrasi nama domain atau dengan menggunakan software domain tools untuk membantu memilih nama domain untuk website Anda.

Bila Anda mengunakan website yang menyediakan jasa registrasi nama domain, contohnya domainhostingmurah.net, Anda tinggal masukkan nama domain yang Anda sukai untuk mengecek apakah masih tersedia atau tidak .

Anda buka http://www.domainhostingmurah.net dan masukkan nama doman dan extension yang Anda pilih.Bila masih tersedia, Anda bisa melakukan registrasi nama domain tersebut.

cara membuat web

Usahakan untuk memilih nama domain dengan extension .com karena lebih umum dan lebih banyak dikenal orang. Registrasi domain ini akan dilakukan pertahun, setahun sekali Anda harus membayar biaya registrasi domain tersebut bila Anda ingin tetap memiliki dan menggunakannya.

Dan bila Anda tidak melakukan perpanjangan registrasi untuk tahun berikutnya, maka setelah domain Anda expired, domain tersebut akan terbuka kembali untuk umum sehingga orang lain bisa mendaftarkan dan menggunakannya.

Bila Anda tidak memiliki bayangan untuk nama domain Anda, Anda bisa menggunakan domain tools untuk membantu Anda memberikan saran nama domain yang bisa Anda gunakan. Anda buka http://domaintools.com dan pilih Tabs "Suggestions". Dan masukkan kata-kata yang akan Anda gunakan dalam nama domain Anda. Anda bisa memasukan lebih dari satu kata dan dipisahkan dengan tanda (,).

cara membuat website

Dan dari domaintools.com ini, Anda bisa menggunakan fasilitas lainnya seputar domain.

Tips dalam memilih nama domain antara lain:

1. Pilih nama domain yang simpel dan mudah diingat
2. Pilih nama domain yang sesuai dengan mewakili isi dan tujuan dari website Anda, untuk mempermudah orang mengingat nama domain atau alamat website Anda nantinya.
3. Bila Anda menggunakan nama domain yang panjang, usahakan menggunakan nama domain yang berisi kata-kata yang umum, sehingga menghidari untuk kesalahan dalam menuliskan nama domain.
4. Anda bisa menggunakan tanda (-) bila Anda mau.
5. Usahakan pilih domain .com
6. Anda bisa mengikut sertakan keyword dalam nama domain Anda untuk membantu proses SEO (search engine optimization), agar website Anda tampil di search engine dengan posisi lebih atas.

Pada langkah ini, Anda sudah mendapatkan nama domain untuk website Anda.

II.2 Hosting

Hosting adalah tempat Anda meletakkan file-file website Anda di sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet. Jadi agar website Anda bisa ditampilkan, maka file-file website perlu Anda simpan di sebuah server hosting. Anda perlu membeli paket hosting.

Harga dari sebuah paket hosting bermacam-macam, tergantung fasilitas yang diberikan. Anda bisa membeli paket hosting di luar negeri maupun di Indonesia.

Dalam memilih paket Hosting, Anda beberapa hal yang perlu diperhatian yaitu:


1. Sistem Server yang digunakan apakah Linux atau Windows. Hal ini akan menentukan software dan bahasa pemograman website yang bisa digunakan. Kebanyakan orang menggunakan Linux. Anda pilih Linux saja.

2. Besaran Disk Space yang diberikan. Disk Space adalah kapasitas pada server hosting yang diberikan untuk Anda, untuk menyimpan file-file website Anda. Seperti besaran space untuk menyimpan file Anda di komputer Anda. Tentunya pilihan terbaik adalah paket hosting yang memberikan Disk Space yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Besaran Bandwidth yang diberikan. Bandwidth adalah kapasitas akses perbulan yang diberikan untuk mengakses website Anda. Setiap orang yang membuka website atau mendownload file dari website Anda agar bisa ditampilkan pada browser firefox atau internet explorer-nya akan mendownload file Anda, hal tersebut akan memakan bandwidth. Dan kapasitas pemakaian bandwidth ini akan direset setiap awal bulan.

4. Domains Allowed. Jumlah domain yang bisa digunakan dalam sebuah paket hosting. Anda bisa menggunakan 1 buah paket hosting untuk semua domain Anda bila paket hosting tersebut memberikan akses untuk itu, dan Anda juga perlu mempertimbangkan besarnya disk space maupun bandwiidth yang diberikan, apakah cukup untuk menjalankan domain-domain Anda.

5. Jumlah Database yang diijinkan. Contoh untuk Linux, berapa banyak jumlah database MySQL yang diijinkan.

Untuk pembelian domain dan hosting ini tidak perlu Anda lakukan pada satu buah perusahaan. Anda bisa membelinya dari tempat-tempat yang berbeda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menghubungkan antara domain dan hosting ini dengan melakukan setting DNS (Domain Name Server) pada account domain Anda. Hal ini dilakukan untuk mengkoneksi domain dengan hosting.

Anda bisa membeli domain dan hosting pada website berikut:

1. Untuk pembelian di Indonesia, Anda bisa membeli melalui domainhostingmurah.net yang merupakan sebuah website waralaba dari hosting idwebhost. Pembelian melalui website waralaba lebih murah dibandingkan pembelian langsung di idwebhost, kurang lebih 8-10% dari harga. Fasilitas dan support tetap sama diberikan oleh idwebhost.

domain hosting murah

2. Untuk pembelian di luar negeri.

unlimited hosting

Setiap pembelian domain dan hosting di luar negeri memerlukan pembayaran menggunakan kartu kredit atau dengan PayPal, tetapi Anda bisa mendapatkan paket unlimited domain, unlimited bandwidth, unlimited hosting, unlimited database untuk semua website Anda sehingga tidak perlu membeli hosting lagi ditempat lain.

Anda bisa membandingkan harganya dan menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda, bila Anda cuma memerlukan satu website saja, Anda bisa membeli domain dan hosting di domainhostingmurah.net, tetapi bila Anda berencana membuat banyak website, agar tidak membeli hosting setiap kali, akan lebih hemat dengan membeli di Hostupon.



II.3 Software Website

Bila Anda belum tahu software website yang akan Anda gunakan, Anda bisa googling di internet, untuk melihat website-website lain yang sudah ada, dan lihat contoh website yang Anda rasa cocok sebagai website yang Anda inginkan.

Anda dapat mengecek pada website yang sudah ada tersebut, websitenya menggunakan software apa? Bila website tersebut menggunakan software website open source seperti blog wordpress, joomla, phpbb, dan lain-lainnya, tentunya Anda bisa membuat website yang sama. Tetapi harap di ingat yang Anda contoh adalah jenis websitenya, bukan mencopy tampilan, dan isi (content) websitenya, hal tersebut tidak diperbolehkan.

Untuk mengetahui software website yang digunakan, bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu:

1. Anda cek link pada website yang bersangkutan, biasanya bisa dilihat pada bagian footer-nya (bagian paling bawah dari sebuah website). Untuk website yang menggunakan software open source (gratis), Anda biasanya bisa melihat ada sebuah link pada bagian footer ke website pembuat software tersebut.

Anda bisa mendownload softwarenya dan menginstall software tersebut mengikuti petunjuk manual penginstallan yang disediakan.

cara membuat website



2. Cara kedua, Anda bisa melihat melalui source code halaman tersebut melalui browser Anda. Biasanya ada juga petunjuk di source code halaman website tersebut.

cara membuat web



Setelah Anda membeli domain dan hosting, dan juga memilih software website, baru selanjutnya Anda membuat website tersebut. Dan dalam contoh pembuatan website pada website belajarmembuatwebsite.com, Anda akan belajar membuat website menggunakan Blog WordPress.



III. Belajar Membuat Website dengan Blog WordPress

Langkah-Langkah Belajar Membuat Website dengan Blog WordPress adalah

1. Anda login di cpanel hosting Anda, dengan alamat http://domainanda.com/cpanel. Kemudian masukkan username dan password yang diberikan oleh hosting Anda.

Pada cpanel hosting Anda biasanya sudah tersedia video yang akan memandu Anda dalam menggunakan fasilitas di cpanel dengan baik. Lebih baik Anda belajar melalui video tersebut.

cara membuat web

2. Pada Cpanel Hosting Anda, Anda klik icon "Fantastico"

membuat website

3. Kemudian akan ditampilkan daftar software open source yang bisa digunakan. Fantastico merupakan program yang membantu proses penginstallan software dengan mudah. Hanya dengan mengisi data dan mengikuti langkah-langkah yang sudah disediakan, seperti yang akan dijelaskan dalam tutorial belajar membuat website dengan blog wordpress ini. Anda Pilih WordPress.

belajar website



4. Selanjutnya klik "New Installation".

membuat website



5. Dilanjutkan dengan mengisi data untuk tempat penginstallan blog wordpress. Bila Anda ingin menginstall blog wordpress pada directory utama di domainanda.com, Anda kosongkan kolom "Install in directory". Tetapi bila Anda ingin menginstall pada subdomain Anda, Anda masukkan nama subdomain folder yang akan digunakan.

belajar wordpress



6. Klik "finish installation" untuk menyelesaikan proses penginstallan blog worpress.

membuat website



Hasilnya:

cara membuat web

Selanjutnya Anda dapat login ke halaman admin area website blog wordpress Anda dan mengedit isi maupun tampilan blog Anda. Untuk mengganti tampilan blog wordpress Anda, ikuti petunjuk lengkapnya pada link download ebook dibawah ini.

Bagi Anda yang ingin mendownload materi website ini ke komputer Anda dalam bentuk File PDF, Anda bisa mendownloadnya disini:

belajar membuat website

membuat website

Selamat Belajar Membuat Website Dengan Blog Wordpress. Semoga Materi Website ini bermanfaat untuk Anda.

Membuat website penghasil uang

Ada banyak cara untuk mencari uang di internet. Salah satunya yaitu dengan membuat website lalu me-monitize istilahnya agar website tersebut bisa menghasilkan dollar.

Pada saat ini memang sedang ngetrend di kalangan netter ( org yg hobby internet ) untuk mencari penghasilan tambahan. Pada umumnya mereka membuat website lalu mendaftar ke program2 affiliasi yg bisa menghasilkan uang di internet.

Bila anda mempunyai website yang sudah di monitize, maka penghasilan extra akan datang dengan sendirinya meskipun anda sedang tidur sekalipun. Hal ini dikarenakan website anda akan on line 24 jam sehari ,7 hari seminggu, dan pengunjung website anda yg mengklik iklan disana akan memberikan penghasilan tambahan untuk anda. Dan hal ini terjadi terus menerus tanpa anda harus monitor. Pokoknya begitu anda membuat website tsb online maka ia punya potensi besar untuk menghasilkan uang.

Lalu berapa modal yg harus dikeluarkan untuk membuat website seperti itu ? Untuk saat ini bisa di pastikan anda tidak akan keluar uang sepeserpun kecuali untuk bayar sewa rental warnet / komputer, rokok dan minuman untuk menemani anda dalam membuat website.

Nah jika anda sudah selesai membuat website, ada beberapa program affiliasi gratis yg bisa anda ikuti saat ini. Diantaranya adalah :

1. webhost.

Perusahaan web host ini selain menawarkan website gratis dengan fasilitas yg sangat lengkap dan cepat juga menawarkan kerja sama dengan orang orang2 yg telah mendaftar dan membuat website disana secara gratis.

Caranya adalah dengan memberikan link referensi yg membuat pengunjung website anda berkunjung ke website mereka. Dari setiap orang yg mendaftar, anda mendapat komisi USD 5. Setelah terkumpul minimal $ 100 maka komisi anda dpt dicairkan lewat transfer bagi yg punya rekening tabungan ataupun dengan Paypal. Klik disini untuk mendaftar .

Yang perlu diingat dalam mendaftar :
Semua layanan mereka adalah gratis. Anda tdk akan dikenakan biaya sepeserpun. Isilah daftar isian dengan data pribadi anda yg lengkap dan benar. Ini penting agar account anda bisa disetujui dan uang yg anda hasilkan nantinya tidak salah kirim. Anda tidak perlu takut data anda akan disalahgunakan karena perusahaan mereka memiliki nama besar di dunia dan mereka tak mungkin mempertaruhkan reputasi mereka itu.
Jangan memberikan alamat e-mail palsu, atau alamat e-mail yg salah. Setelah mendaftar mereka akan segera mengirimkan e-mail ke alamat e-mail yg anda berikan untuk memastikan bahwa alamat e-mail yg anda berikan adalah benar. Jadi setelah mendaftar segera buka e-mail anda anda klik link verifikasi yg mereka sisipkan dlm e-mail. Dengan meng klik link tersebut anda akan diarahkan ke account anda, barulah setelah itu anda dapat memulai untuk membuat website dan mendaftar program affiliasinya.

3. Jual beli link

Nah ini adalah cara mencari uang / program afiliasi indonesia yang terkait dengan jual beli link. Proses pendaftarannya gampang dan gak ribet. Anda tidak perlu memiliki website ataupun blog dengan traffic pengunjung yang wah, cukup hanya dengan menjual link dan andapun bisa mulai menghasilkan uang. Klik disini untuk mendaftar

BIOS dan instalasi sistem operasi

Pada BAB ini kita akan melakukan beberapa proses instalasi dan konfigurasi dual booting, yang bertujuan untuk menjadikan satu unit komputer siap pakai. Langkah-langkah yang akan kita lakukan adalah :

1. Manajemen Harddisk
2. Instalasi Sistem Operasi
3. Instalasi Sistem Hardware
4. Instalasi Program Aplikasi
5. Tips dan Trik

Hal yang diperlu dipersiapkan pada saat melakukan proses instalasi ini adalah :

1. CD atau Disket Start Up/Bootable
2. CD Windows Millenium dan XP Profesional
3. CD Driver Mainboard
4. CD Program Aplikasi

.1 Setting bios

4.1.1 Cara Masuk ke Dalam BIOS

Untuk dapat masuk ke dalam BIOS ada beberapa cara. Cara yang sering digunakan pada komputer adalah :

1.HidupkanKomputer
2.TekanTombolDeletepadaKeyboard
3. Jika benar maka akan muncul menu BIOS seperti gambar disamping

Cara lain untuk masuk ke dalam setting BIOS bisa dengan cara menekan tombol :

- F1
- F2
- Ctrl-Esc, dll.

Untuk mengetahui cara masuk ke dalam setting BIOS kita bisa melihat buku manual yang disertakan pada saat kita membeli Mainboard, atau kita bisa lihat tampilan saat komputer menyala pertama kali.

BIOS yang terdapat pada komputer tidak selalu sama, hal ini disebabkan karena berbeda merk antar BIOS, namum pada dasarnya tujuannya sama, hanya berbeda sedikit bahasa dan lokasi penempatan setting. Contoh merk BIOS :

1.AMIBIOS
2.AWARDBIOS
3. PHONIEX BIOS, Dll

Pada tampilan BIOS bagian bawah ada beberapa tombol kunci yang bisa kita gunakan saat mengatur setting BIOS, yaitu :

F1


Untuk memanggil menu Help / pertolongan

F5


Untuk menampilkan setting lama

F6


Untuk memanggil setting standar/normal

F7


Untuk memanggil setting yang lebih baik dan ketat

F10


Untuk keluar setup dan menyimpannya

Esc


Untuk keluar setting dan setup tanpa menyimpan

Page Up/Down


Untuk memilih setting dan mengaktifkannya

+ dan -


Untuk memilih setting dan mengaktifkannya

Shift +F2


Untuk merubah setting warna tampilan

4.1.2 Fungsi Menu BIOS

Standard CMOS Features


Menu dasar konfigurasi waktu, tanggal, floppy drive, dll

Advanced BIOS Features


Mengatur setting system misalnya menentukan booting pertama, menentukan sistem keamananan, mempercepat proses booting, dll

Advanced Chipset Features


Mengatur system konfigurasi memory, VGA, dll

Integrated Peripherial


Mengatur setting hardware yang sudah terpasang pada mainboard/On board

Power Management Setup


Mengatur system power untuk monitor, hard disk, dll

PnP / PCI Configurations


Mengatur peralatan dengan jalur PCI dan perangkat yang dikenalkan secara default oleh komputer

PC Helath Status


Untuk mengetahui kondisi suhu prosesor, putaran kipas, dll

Frequency / Voltage Control


Mengatur frequency control Prosesor

Load High Performance Defaults


Setting optimal yang terbaik dan ketat dengan mengabaikan stabilitas komputer

Load Optimized Defaults


Mengatur setting optimal standar dan tidak terlalu ketat

Set Supervisor Password


Memberi password dengan Akses full tanpa batas

Set User Password


Memberi password dengan akses terbatas

Save & Exit Setup


Keluar dan menyimpan konfigurasi setting

Exit Without Saving


Keluar tanpa menyimpan konfigurasi setting

4.2 Partisi harddisk dengan FDISK 4.2.1 Partisi harddisk

Apa itu Partisi Harddisk?

Partisi diambil dari kata Partition dapat kita artikan sebagai pembagi atau pembatas. Sedangkan partisi harddisk dapat kita artikan pembagian kapasitas harddisk.

Apa Kegunaan Partisi Harddisk?

Seperti rumah yang mempunyai bagian-bagian atau ruang-ruang, seperti ada ruang tamu, ada ruang kamar, ada ruang dapur dan ada ruang WC. Tentu saja semua ruang yang ada dirumah kita ini mempunyai fungsinya masing-masing. Dan akan sangat riskan sekali jika sebuah rumah tidak ada sekat atau pembagi ruangan tersebut, dimana kita tidur, makan dan mandi tanpa batas atau sekat ruangan.

Demikian juga dengan harddisk, akan lebih baik jika harddisk kita dibagi sesuai dengan porsi dan kegunaannya. Misal ruang C (partisi C) akan kita gunakan untuk menginstall sistem operasi seperti Windows, ruang D (partisi D) akan kita siapkan untuk program installer/master dan ruang E (partisi E) akan kita gunakan untuk penyimpanan data kita.

Nah apa manfaat atau kegunaan partisi harddisk ini ?

1. Tidak bercampur aduknya antara sistem operasi dan data, sehingga jika terjadi kerusakan pada sistem operasi dan memerlukan format pada partisi sistem operasi tersebut tidak akan mempengaruhi data kita karena data terletak pada partisi lain.

2. Mudah untuk mengatur dan memantau dimana data akan disimpan dan dimana program akan di install.

3. Multi partisi ini sangat dibutuhkan jika kita ingin menginstall dual boot system (Sistem Operasi Windows dan Linux). Karena tidak dapat berjalan kedua sistem operasi ini jika kita install dalam satu partisi.

Dengan kapasitas harddisk saat ini antara 20 sampai 180 GB, pembagian kapasitas harddisk merupakan hal yang mutlak dilakukan. Jika memiliki harddisk dengan kapasitas-kapasitas besar, sangat dianjurkan membagi kapasitas harddisk menjadi minimal 2 partisi atau idealnya menjadi 3 partisi sesuai kebutuhan.

Jika kita menggunakan FDISK untuk melakukan partisi maka akan terlihat susunan partisi sebagai berikut :

1. Partisi Ke-1 (Partisi C / Primary Partitition)
digunakan untuk installasi sistem operasi beserta program-program pendukung lainnya.

2. Partisi Ke-2 (Partisi D / Extended Partitition - Logical Partitition 1)
digunakan untuk menyimpan program-program installasi/master.

3. Partisi Ke-3 (Partisi E / Extended Partitition - Logical Partitition 2)
digunakan untuk menyimpan data dan file-file lagu (mp3).

Extended Partition adalah partisi penghubung antara Primary Partition dengan Logical Partition.

Untuk kapasitasnya dapat kita atur sesuai dengan kebutuhan.

Lihat contoh dibawah ini :
Misalkan kita memiliki harddisk dengan kapasitas 40 GB (gigabyte) maka akan kita partisi dengan kapasitas sebagai berikut :

1. Partisi ke-1 = 10 GB (akan menjadi direktori C)
2. Partisi ke-2 = 10 GB (akan menjadi direktori D)
3. Partisi ke-3 = 20 GB (akan menjadi direktori E)

Hal-hal yang Dipersiapkan sebelum Melakukan Partisi Harddisk !

1. Satu unit komputer lengkap dengan harddisk yang akan dipartisi dan cd-romnya.

2. Start Up Disk atau Disc Bootable yang berisikan program FDISK.

3. Harddisk & CD-ROM harus terkoneksi dengan baik, ini bisa dilihat di BIOS pada menu STANDARD CMOS FEATURES.

Software Apa Saja yang dapat Digunakan untuk Melakukan Partisi Harddisk ?

1. FDISK
Dilakukan di mode DOS / Modus Text

2. Partition Magic
Dilakukan di mode Windows

Sebagai contoh :

Harddisk 40 GB akan dipartisi menjadi 3 partisi dengan kapasitas masing-masing :
1. Partisi C = 10 GB
2. Partisi D = 10 GB
3. Partisi E = 20 GB

Langkah-langkah melakukan partisi dengan FDISK.

1. Siapkan Start Up Disk atau Disc Bootable.
- Masuk ke BIOS dengan menekan tombol DEL berkali-kali sampai masuk ke menu warna biru BIOS.
Pada pilihan ADVANCED CMOS FEATURES > BOOT SEQUENCE > 1ST BOOT DEVICE ganti menjadi FLOPPY jika menggunakan Start Up Disk atau CDROM jika menggunakan Disc Bootable.
Kemudian tekan tombol F10 > ENTER.
- Saat tampil Microsoft Windows Start Up Menu, pilih Start Computer without CD-ROM.

2. Ketik FDISK di prompt A:\> lalu ENTER.

3. Pada pertanyaan "Do you wish to enable large disk support (Y/N)?"
Pilih Y jika memiliki kapasitas harddisk > 2 Giga Byte.
Pilih N jika memiliki kapasitas harddisk < 2 Giga Byte.
tekan Y lalu ENTER.

4. Pada Menu Utama FDISK akan ada 4 pilihan :
1. Create DOS Partition or Logical DOS Drive. >> untuk membuat partisi baru
2. Set Active Partition. >> untuk mengaktifkan salah satu partisi
3. Delete Partition or Logical DOS Drive. >> untuk menghapus partisi
4. Display Partition Information. >> untuk menampilkan partisi yang ada
ketik 1 lalu ENTER.

5. Akan tampil kembali Menu Create Partition dengan 3 pilihan :
1. Create Primary DOS Partition. >> untuk membuat partisi/drive C
2. Create Extended DOS Partition. >> sebagai jembatan antara partisi C dan yang lain.
3. Create Logical DOS Drive(s) in The Extended DOS Partition. >> untuk membuat partisi lain selain C.
ketik 1 lalu ENTER. Tunggu verifying drive integrity 100% complete.

6. Pada pertanyaan "Do you wish to use the maximum available size for a primary DOS partition and make the partition active (Y/N) ?"
Pilih Y jika hanya membuat satu partisi saja, partisi/drive C.
Pilih N jika akan membuat lebih dari satu partisi/drive. Misal : C,D,E dan F.
Ketik N lalu ENTER. Tunggu verifying drive integrity 100% complete.

7. Akan tampil menu CREATE PRIMARY DOS PARTITION.
Pada Enter size in Mbytes or percent of disk space (%) to create a Primary DOS Partition ......
Masukkan nilai kapasitas untuk Partisi C, jika C = 10 Gigabytes, ketik 10000 lalu ENTER.
Tekan ESC 1x.

8. Tampil kembali Menu Utama (No.4)
ketik 1 lalu ENTER.

9. Tampil kembali Menu Create (No.5) ketik 2 lalu ENTER. Tunggu verifying drive integrity 100% complete.
Akan tampil menu CREATE EXTENDED DOS PARTITION.
Pada Enter size in Mbytes or percent of disk space (%) to create an Extended DOS Partition ......
Masukkan nilai kapasitas untuk Partisi D + Partisi E (atau total nilai partisi selain partisi C),
Jika D = 10 Gigabytes dan E = 20 Gigabytes, maka ketik 30000 lalu ENTER.
Tekan ESC 1x. Tunggu verifying drive integrity 100% complete.

10. Akan tampil menu CREATE LOGICAL DOS DRIVE(S) IN THE EXTENDED DOS PARTITION.
Pada Enter logical drive size in Mbytes or percent of disk space (%).
Masukkan nilai kapasitas untuk Partisi D saja, jika D = 10 Gigabytes, maka ketik 10000 lalu ENTER.
Tunggu verifying drive integrity 100% complete.

11. Akan tampil kembali menu CREATE LOGICAL DOS DRIVE(S) IN THE EXTENDED DOS PARTITION.
Pada Enter logical drive size in Mbytes or percent of disk space (%).
Masukkan nilai kapasitas untuk Partisi E saja, jika E = 20 Gigabytes, maka ketik 20000 lalu ENTER.
Tekan ESC 1x.

12. Aktifkan Partisi C dengan memilih 2 pada MENU UTAMA FDISK (No.4).
Pada Enter the number of partition you want to make active..... ketik 1 lalu ENTER (karena C : 1).
Tekan ESC 3x.

13. Restartlah komputer pada saat dimonitor telah kembali terlihat prompt A:\>

Blog Gratis Bahasa Indonesia Untuk Anda! Ngeblog Yuk...

Selamat datang di situs web layanan blog gratis ini. Di sini anda dapat membuat blog yang anda dapat isi dengan berbagai artikel / tulisan hasil karya anda. Caranya cukup mudah, tinggal daftar dan aktifkan di email anda. Silahkan daftar di sini gratis jika anda belum punya email.

Silahkan Pilih Alamat Unik Situs Blog Anda :

1. almarhum.com
contoh : pahlawan.almarhum.com

2. anjing.org
contoh : pecinta.anjing.org

3. banget.net
contoh : cakep.banget.net

4. berita.info
contoh : warta.berita.info

5. diary.web.id
contoh : anis.diary.web.id

6. fansklub.com
contoh : lunamaya.fansklub.com

7. indonesian.web.id
contoh : bali.indonesian.web.id

8. investasi.net
contoh : panduan.investasi.net

9. jogja.org
contoh : wong.jogja.org

10. pengecer.com
contoh : baju-muslim.pengecer.com

11. produk.info
contoh : ponsel.produk.info

12. properti.org
contoh : jualbeli.properti.org

13. sumatera.org
contoh : gajah.sumatera.org

Layanan ngeblog gratisan ini dipersembahkan secara cuma-cuma oleh Organisasi.Org

Untuk login gunakan nama domain pilihan anda + /wp-login.php
Contoh : duit.fansklub.com/wp-login.php

Perhatian :
Kami tidak bertanggung jawab atas tulisan yang anda buat. Anda bertanggung jawab penuh atas blog anda. Terima Kasih

* lain lain

Tips dan Cara Memformat Ulang Hard Disk dan Menginstall Ulang OS Windows atau Linux pada Komputer PC / Laptop - Petunjuk Teknis

Masalah yang bersifat fatal dan parah bisa saja terjadi kapan dan di mana saja tidak memandang merk dan harga komputer pc / laptop anda. Terkadang komputer tidak bisa masuk ke windows akibat banyak hal seperti terkena virus, file booting hilang, bad sector, komputer lambat, komputer sering hang, salah seting dan berbagai masalah lainnya.

Jika berbagai cara sudah anda lakukan dan belum mendapatkan hasil yang memuaskan maka jalan pintas / singkat yang paling baik adalah dengan cara format ulang harddisk / hard drive yang ada di koputer pc / laptop anda. Pada tips ini akan diberikan beberapa langkah mudah yang dapat anda lakukan sendiri tetapi tidak secara mendetail. Bila anda butuh bimbingan anda bisa menanyakan di forum situs organisasi.org ini. Mudah-mudahan saya atau kawan lain dapat membantu anda.

A. Langkah dan Tahap Format Ulang Hard Disk

1. Back up / bekap file penting anda yang ada pada hardisk karena dengan format akan menghapus semua file yang ada di hard disk anda. Jika anda punya cd-rw drive atau dvd-rw drive anda bisa membakar file anda ke dalam cd atau dvd. Cara lain backup adalah dengan flash disk, disket floppy, disket zip, pindah file ke jaringan network lan atau internet pada komputer atau server lain dan lain-lain.

2. Setelah backup selanjutnya adalah membuat windows boot disk / rescue disk pada disket floppy 1.4 MB. Disket ini bertujuan untuk booting langsung ke disket tidak melalui harddisk anda. Istilahnya anda akan menggunakan os microsoft dos yang ada pada disket yang anda buat.

3. Ganti Setting Bios
Saat komputer dinyalakan anda harus langsung masuk ke tampilan bios untuk setting pilihan urutan boot. Caranya ketika komputer baru dinyalakan anda menekan dan menahan tombol delete sampai bios muncul di layar monitor komputer anda. Ganti urutan booting dengan urutan pertama floppy disk.

4. Format Hard Disk
Setelah bios diganti serta disave anda masukkan disket kemudian restart komputer anda. Nanti komputer anda akan otomatis boot dari disket tersebut dan pilih boot without cd-rom supaya proses booting bisa lebih cepat. Setelah masuk ke command prompt a:\ ketik format c: lalu tekan enter. Disesuaikan dengan jumlah partisi anda yang ada. Jika anda punya partisi 3 buah maka tambah perintah format d: dan format e:. Tips dan cara mempartisi hard disk mungkin bisa anda cari di kotak search di sebelah kiri halaman artikel ini. Jika format telah selsesai beri nama drive tersebut sesuai selera anda. Jika semua beres dan berjalan lancar maka proses format ulang telah selesai. Kini harddisk anda menjadi seperti baru kembali.

B. Langkah dan Tahap Install Ulang OS Windows dan Linux

1. Install Windows 98 / 2000 / ME / XP / Vista / Linux
Langkah pertama dalam mengistall ulang operating system pada komputer pc atau laptop anda adalah booting ulang ke disket anda dan pilih support cd-rom device. Setelah keluar command prompt lalu anda masukkan cd instalasi os anda sesuai selera anda. Kemudian cari drive cd-rom atau dvd-rom anda dengan mengetik d: atau e: dan lain sebagainya sesuai lokasi drive cd atau dvd rom anda. Setelah ketemu anda kemudian cari file setup.exe dengan perintah cdnama folfer untuk masuk ke dalam folder. Perintah cd.. untuk mundur satu folder level. perintah dir atau dir/w atau dir/p untuk melihat list file yang ada pada folder tersebut. Kalau sudah ketemu maka jalankan setup.exe atau install.exe dengan mengetik nama file tersebut lalu tekan tombol enter satu kali saja. Langkah berikutnya anda tinggal mengikuti perintah yang ada pada installasi cd atau dvd os.

2. Setting Settingan Boot pada Bios
Setelah install ulang windows atau linux selesai, maka keluarkan disket flopyy 1,4 anda dan masuk kembali ke menu bios setelah restart ulang. Pilih IDE-0 sebagai first boot. Floppy bisa anda seting menjadi boot kedua dan cd-rom menjadi boot ketiga. Anda bebas menentukannya sesuai dengan keinginan anda. Sehabis itu direstart ulang kembali.

3. Install Driver dan Software
Jika sudah berhasil masuk ke tampilan windows atau linux awal, selanjutnya anda nginstall driver untuk sound card, printer, scanner, kabel data, dan sebagainya sesuai hardware yang ada. Anda harus mencari dan memiliki sendiri driver tersebut. Setiap jenis komputer memiliki driver yang berbeda. Biasanya anda akan diberi cd driver saat anda membeli komputer atau hardware lainnya. Tanpa driver maka peralatan yang terhubung pada komputer laptop atau pc tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Tips/Cara Mendapatkan Software Full Version Dari softwer Trial Version Yang Baik Dan Benar

Sebenarnya Artikel ini saya buat bukannya membuat penjual softwer Rugi besar, saya hanya membantu teman-teman indonesia mendapatkan sesuatu yang bermanfaat buat mereka sendiri atau untuk indonesia sendiri dengan tidak mengelurkan biaya banyak, mungkin tips ini sudah banyak yang tau dan ada yang belum sama sekali tau. maka dari itu saya membuat artikel ini untuk mengembangkan pengetahuan tentang dunia teknologi komputer di indonesia itu sendiri. saya mulai aja artikel ini.

Sebenarnya gampang untuk mendapatkan softwer geratis dari softwer trial version, kita hanya masuk situs perusahaan yang membuat softwer tersebut dan mendaftar sebagai anggota kemudian mendownload softwer yang dipromosikan dalam bentuk triall, trial maksudnya softwer ini setelah diinstall program softwer tersebut akan membuat timer 30 hari atau 60 jam tergantung perusahaan pembuat softwer tersebut. kadang setiap softwer tersebut mempunyai kode tersendiri untuk menonaktifkan timer tersebut tapi sebelumnya kode tersebut harus dibeli oleh anda yang ingin mematikan timer triall tersebut dan menjadikan softwer tersebut full fersion. tapi itu tidak harus perlu dilakukan, kita hanya perlu mencari CRACK serial dari softwer tersebut, crack dapat dicari di google atau yahoo dengan kata kunci CRACK FOUND.

Tips mencari crack atau menggunakan crack, jenis crack itu banyak guna crack disisini adalah mengacaukan sistem blok trial terhadap softwer tersebut agar tidak ada pembatasan penggunaan terhadap softwer tersebut, jenis crack ada dalam bentuk serial nomber, patch, atau file. CARCK yang sangat baik sebenarnya ialah SERIAL NOMBER mengapa demikian, softwer terkadang merupakan softwer ujicoba atau first edition dan harus di updet tergantung perusahaan tersebut memberikan updetan terbaru. sedangkan crack dalam bentuk pach ialah mengacaukan sistem dari softwer tersebut dan apabila softwer tersebut di updet maka sistem akan kembali semula atau lebih parahnya softwer tersebut tidak akan bisa di updet diakibatkan adanya file yang rusak. maka dari itu CRACK yang baik sebenarnya adalah Serial nomber dia tidak mengacaukan hanya membuak pintu blok softwer tersebut artian lain adalah sebagai kunci utama.

saya akan sedikit memberi contoh softwer yang mudah di cari crack dan softwer nya. coba anda datang ke WWW.DOWNLOAD.COM kemudian SERCH:TUNE UP UTILITIES 2007 dan download softwer tersebut kemudian cari di goole dengan kata kunci CRACK TUNE UP 2007 atau datang kesitus www.crack found.com ini situs resmi lo..... sudah masuk cari dengan kata kinci tune up 2007. kemudian anda sendiri yang lanjutkan pelaksanaan selanjutnya okeeee.............Adobe POTHOSHOP cs3 LO.....JUGA BISA .

Sekian atrtikel ini ya nanti aku juga akan memberikan tips lain.........aku seorang desainer lo.................... wassalam.

-----

Pesan Admin Organisasi.Org :
Melakukan tindak pembajakan software tetap perbuatan ilegal. Sebaiknya penggunaan software komersil yang ilegal atau bajakan hanya ditujukan untuk proses coba-coba saja sebelum membeli yang asli. Setelah kita puas dan tertarik dengan produk piranti lunak / software tersebut kita beli yang asli dan uninstall yang bajakan kemudian install yang aslinya.

Membuat File PDF dengan Mudah

Berikut adalah cara membuat file PDF dengan mudah dan cepat, pada kesempatan ini saya menggunakan software gratis dari http://www.mrbass.org/freeware/pdfcreator/ untuk membuat file PDF, alasan mengapa saya gunakan software gratis karena saya suka yang gratis-gratis.
Spesifikasi komputer yang saya gunakan adalah:
1. Prosessor: Intel Pentium M 1500 MHz
2. Memory: DDR 256 MB
3. OS: Microsoft Windows XP Profesional
Berikut prosedur yang harus dilakukan:
• Download software
Silahkan kunjungi situs dari http://www.mrbass.org/freeware/pdfcreator/. Silahkan download file PDFCreator-0_8_0_GNUGhostscript.exe versi terbaru, pada saat saya menulis ini versi terbaru adalah 0.8 (7.21 MB).
• Install Software PDFCreator-0_8_0_GNUGhostscript.exe
Install software yang baru saja didownload dengan cara diklik 2 kali. Pilih bahasa yang digunakan, saat ini hanya ada 2 pilihan bahasa yaitu Inggris dan Belanda, jalankan sesuai dengan perintah yang ada sampai dengan FINISH.
• Install Patch02-PDFCreator-0_8_0.exe (572KB)
Setelah selesai install pada point 2 diatas, saya sarankan untuk menginstall Patch yang telah disediakan dengan cara download Patch02-PDFCreator-0_8_0.exe. Install Patch seperti pada point 2.
• Jalankan program
Jalankan program yang telah diinstall, dengan cara klik START - All Programs - PDFCreator - PDFCreator. Kemudian akan muncul windows baru, klik document - add pilih file yang akan dijadikan PDF kemudian akan muncul windows baru lagi dan tekan SAVE.
Cukup sederhana bukan? PDFCreator bukan satu-satunya software yang dapat digunakan untuk membuat file PDF, ini hanyalah satu pilihan dari sekian pilihan yang ada di internet, silahkan cari di GOOGLE jika ingin mencoba-coba.
Adobe Reader 7 dapat juga digunakan untuk membuat file PDF, akan tetapi Adobe Reader 7 sudah mulai menggunakan lisensi, dan ini tentunya akan memberatkan karena harga lisensi yang mahal. Selain itu dapat juga digunakan OpenOffice baik versi Linux maupun Windows.

Membuat Windows Bajakan Menjadi Asli

Bagi para pemakai windows bajakan yang sering konek dengan internet, mungkin anda sudah tidak asing dengan WGA validation.:D WGA validation merupakan suatu teknik yang dikembangkan oleh Microsoft, untuk menlindungi software Windows XP dari pembajakan, cara kerjanya yakni dengan mengecek setiap komputer ber-OS Windows Xp yang update ke website microsoft dengan database mereka. Jika komputer anda tidak Originil, setelah proses instal selesai maka di komputer anda tampilannya menjadi seperti ini.

Ternyata microsoft galak juga:D Komputer saya sendiri menjadi korban…..

Jika anda tidak suka dengan pesan tersebut dan ingin menghilangkannya, anda tinggal download software WGA Remover, kemudian install di komputer anda.:) Kemudian restart komputer anda dan lihat hasilnya. Dijamin pesan-pesan dari Microsoft bakal hilang semua:D

Hhhmm…sampai disini perjuangan kita belum berhasil, meskipun sekarang anda telah berhasil menghilangkan proteksi WGA namun suatu saat ketika komputer anda update lagi maka pesan tersebut akan muncul (pengalaman pribadi).;) Sekarang kita akan lakukan langkah terakhir dengan melakukan crack di registry. Gampang bgt, caranya anda tinggal copy paste code dibawah ini kedalam notepad. Kemudian simpan dengan nama hack.reg

Windows Registry Editor Version 5.00
[HKEY_LOCAL_ MACHINE\SOFTWARE \Microsoft\ Windows NT\CurrentVersion\ WPAEvents]
“OOBETimer”=hex: ff,d5,71, d6,8b,6a, 8d,6f,d5, 33,93,fd
“LastWPAEventLogged” =hex:d5,07, 05,00,06, 00,07,00, 0f,00,38, 00,24,00, fd,02
[HKEY_LOCAL_ MACHINE\SOFTWARE \Microsoft\ Windows NT\CurrentVersion]
“SubVersionNumber” =””
“CurrentBuild” =”1.511.1 () (Obsolete data - do not use)”
“InstallDate”= dword:44cd8133
“ProductName”=” Microsoft Windows XP”
“RegDone”=””
“RegisteredOrganizat ion”=”GANTI DENGAN APALAH”
“RegisteredOwner” =”GANTI DENGAN NAMA KAMU”
“ProductId”=”55274- 083-1816955- 22307?
“DigitalProductId” =hex:a4,00, 00,00,03, 00,00,00, 35,35,32, 37,34,2d, 36,34,30, 2d,\
38,33,36,35, 33,39,31, 2d,32,33, 32,30,31, 00,2e,00, 00,00,41, 32,32,2d, 30,30,30, \
30,31,00,00, 00,00,00, 00,00,76, c7,64,cc, 82,46,03, 68,eb,53, 4a,11,a5, 85,03,00, \
00,00,00,00, b3,27,d3, 44,1f,3c, 3b,00,00, 00,00,00, 00,00,00, 00,00,00, 00,00,00, \
00,00,00,00, 00,00,00, 00,00,00, 00,38,30, 35,32,35, 00,00,00, 00,00,00, 00,89,18, \
00,00,5c,10, 78,54,7f, 01,00,00, fc,1a,00, 00,00,00, 00,00,00, 00,00,00, 00,00,00, \
00,00,00,00, 00,00,00, 00,00,00, 00,00,00, 00,00,00, 00,3a,db, c2,b8
“LicenseInfo”= hex:33,8f, a0,1f,f1, 70,1e,70, 76,91,0c, 85,8d,d8, 72,e6,22, 81,8b,ae, \
5c,a3,55,fb, a2,d3,ba, 60,f6,d0, 4e,4a,37, 85,5d,00, 86,39,5b, db,dd,fc, 35,91,3c, \
ca,d4,43,81, 22,ca,82, 5a,f6,47, 08

Setalah anda copy dan simpan code diatas, maka jalankan file tersebut dengan cara double click file yang anda buat.

Belum puas dengan langkah-langkah diatas, sebenarnya ada satu langkah lagi agar windows kita 100% asli. Kita dapat menggunakan software keyfinder untuk merubah Windows Key dan Microsoft Windows Genuine Advantage Tool untuk mengecek windows kita asli atau tidak.

Selamat windows anda sekarang menjadi windows asli tapi palsu:D Dengan langkah2 diatas maka anda dapat mendownload IE anda menjadi versi IE 7 dan Media Player upgrade ke versi 11.

Sekian dulu yah, pesan saya gunakan selalu open source jgn biasakan diri anda bergantung sama windows(meskipun saya sendiri masih belum bisa lepas 100%):D

Trik Cepat Mereset Printer

Hal yang paling menyebalkan adalah pada saat kita sedang mencetak dokumen-dokumen penting,tiba tiba printer berhenti mencetak alias error...hal ini bisa disebabkan beberapa hal pertama yang harus kita lakukan adalah memeriksa kabel power apakah sudah tercolok/terpasang dengan benar.jika tidak ada masalah coba periksa apakah tintanya habis..jika masih tidak mau..jalan satu satunya kita harus mereset printer..tapi tahukah anda,biaya untuk mereset printer begitu mahal..sebenarnya ada sebuah cara untuk mereset printer tanpa perlu membawa ketempat service..dan ini bisa anda lakukan sendiri itung itung melakukan penghematan...
Ada 2 cara dalam melakukan reset printer

1.reset printer dengan cara manual
a.cabut kabel power yang mengubungkan printer dengan listrik
b.Tekan dan tahan tombol power(on/off) sekitar 5 detik kemudian pasang kembali kabel power printer ke listrik sambil terus menahan tombol power
c.lanjutkan dengan menekan tombol resume sebanyak 2 kali
d.lepaskan semua tombol..anda sudah bisa menggunakan printer kembali

2.reset printer dengan sofware ressetor
a.pastikan anda tahu merek printer anda
b.download program resetor dengan mencari dengan searc engine.anda bisa menggunakan keyword berikut : Software resseter+canon IP1800+Download
c.bagi anda yang menggunakan printer Epson bisa mendownload di http://www.ssclg.com/epsone.shtml di situs ini terdapat hampir semua merek dan tipe Epson
d.sebelum melakukan reset printer pastikan anda telah membaca intruksi penggunaannya dengan seksama..proses mereset ini sedikit memakan waktu...jika masih belum berhasil.coba lagi.....

Mencegah Virus dari Komputer Anda

Berikut ini adalah berbagai tindak pencegahan dan perbaikan pada komputer yang terkena virus atau spyware baik yang ringan maupun yang tingkat berat

Tahukah anda bahwa gangguan pada komputer tidak saja disebabkan oleh kerusakan atau kesalahan teknis pada piranti keras dan piranti lunak. Virus dan Spyware adalah gangguan pada komputer yang disebabkan oleh pihak eksternal dengan tujuan yang beragam seperti untuk mencuri data-data anda, merusak hardware anda, menghapus file, menghilangkan fungsi tertentu, mengambil alih kontrol pada komputer anda dan lain sebagainya. Yang pasti sangat langka atau mungkin tidak ada virus dan spyware yang membawa kuntungan pada komputer yang terinfeksi.

Virus dan spyware komputer bisa menyerang komputer anda baik yang sering online maupun yang tidak pernah online ke internet sekalipun. Komputer yang dihubungkan dengan disket atau usb flash disk pun bisa tertular dari software yang diinstall apabila tidak hati-hati. Jika telah terinfeksi suatu virus atau spyware yang hanya aktif bila komputer terhubung dengan internet, maka si virus atau spyware akan aktif ketika komputer sedang online.

Berikut ini adalah berbagai tindak pencegahan dan perbaikan pada komputer yang terkena virus atau spyware baik yang ringan maupun yang tingkat berat.

A. Pencegahan Agar Komputer Terhindar Virus dan Spyware

1. Hati-hati pada Attachment Email Anda

Jangan membuka file attachment pada email yang anda terima walaupun dari orang yang anda kenal jika attachment tersebut mengandung file program dengan extension atau akhiran .exe, .pif, .bat, dan lain sebagainya. Baca dengan teliti email yang dikirim, apakah gaya e-mail sama dengan yang biasa dikirim. Terkadang email yang anda terima berasal dari orang sunda, tapi menggunakan bahasa inggris, rusia, cina, dll pada emailnya.

2. Pasang / Install Software Keamanan Yang Terbaru

Pastikan komputer anda terinstall 3 jenis software keamanan utama dan terpasang dengan setting yang otomatis mengamankan komputer anda tanpa anda harus nyalakan terlebih dahulu. Mereka adalah anti virus untuk menangkal virus, anti spyware untuk menangkal spyware, dan firewall untuk menangkal serta memblokir serangan hacker serta koneksi dari luar. Untuk yang versi gratis dan bermutu bagus anda bisa menggunakan AVG antivirus untuk anti virus, Ad-Aware untuk antri spyware dan Zone Alarm untuk program firewall.

Pastikan kesemuanya update / sudah terupdate dengan definition dan patch terbaru yang memperkecil peluang virus dan spyware varian baru melakukan infeksi pada komputer pc atau laptop anda. Jangan lupa pula untuk menjalankan scan pada komputer anda secara berkala untuk membunuh virus dan spyware yang baru menginfeksi.

3. Jangan Gegabah Menginstall Software

Hati-hati terhadap software yang anda isntall baik yang anda beli dari cd bajakan di toko-toko cd, dari download di internet, dari teman, dan lain sebagainya. Virus maupun spyware bisa saja bersembunyi pada program yang anda pasang tanpa anda sadari. Biasakanlah untuk membackup semua file penting anda secara berkala pada flash drive, cd atau dvd agar bila terjadi sesuatu hal yang fatal anda tidak akan kehilangan data anda.

4. Awasi User / Orang Lain Yang Memakai Komputer Anda

Jika komputer anda dipakai oleh orang lain, pastikan dia tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan komputer anda. Anda dapat membuat account khusus untuk tamu / guest dengan batasan-batasan tertentu yang anda dapat seting sendiri. Seseorang yang mungkin tidak anda duga bisa saja menginstall program, mencolokkan usb atau memasukkan disket yang mengandung virus atau spyware. Bahkan bisa juga memasang dengan sengaja software mata-mata untuk merekam segala aktifitas anda dan password yang biasa anda gunakan.

5. Waspada Selalu Jika anda merasa bahwa ada sesuatu yang tidak beres pada komputer anda segera putuskan dan cabut sambungan ke koneksi internet ataupun jaringan network lan. Kemudian jalankan anti virus, anti spyware dan cek firewall apakah sudah berjalan dengan baik dan semestinya. Apabila anda mendapatkan pertanyaan untuk menginstall software dari situs yang tidak jelas tolaklah mentah-mentah. Ikuti perkembangan update patch atau tambalan lubang keamanan pada setiap software yang terpasang dan mendapatkan access internet pada program firewall anda.

B. Perbaikan Komputer Yang Terinfeksi Virus dan Spyware

1. Matikan Internet dan File Sharing Jaringan Network

Jika komputer anda terhubung dengan jaringan lokal atau internet segera putuskan dan cabut bila perlu untuk memastikan 100% anda benar-benar tidak terkoneksi. Terkadang virus dan spyware memanipulasi komputer anda sehingga seolah-olah anda sudah tidak terhubung lagi dengan jaringan luar.


2. Update dan Scan

Langkah pertama untuk perbaikan jika anda merasa ragu-ragu ataupun merasa yakin bahwa komputer anda terserang virs atau spyware adalah melakukan update. Update dapat dilakukan baik melalui download internet maupun secara offline jika anda memiliki filenya dari orang lain. Setelah terupdate dengan definition yang baru maka anda sebaiknya langsung melakukan scanning untuk segera menyingkirkan virus yang ditemukan.

3. Aktif Pada Komunitas Mailing List / Forum Tentang Keamanan Komputer

Semakin anda banyak bergabung dengan komunitas komputer, maka semakin banyak orang yang akan membantu anda jika anda sedang dalam masalah. Jangan takut dan ragu untuk menanyakan masalah yang anda hadapi biarpun masalah itu sepele. Gunakan nama samaran jika perlu. Di luar sana terdapat banyak orang yang mungkin pernah mengalami hal yang sama dengan anda.
Di samping itu anda mungkin akan mendapatkan tips jalan pintas, solusi, saran, dan sebagainya dari komunitas tersebut. Biasanya virus dan spyware yang terbaru juga dibahas pada komunitas tersebut.

4. Format Harddisk Jika Tidak Ada Jalan Keluar

Jika semua cara telah anda jalani dan tidak ada yang memberikan solusi yang memuaskan anda dapat mengambil jalan pintas terakhir, yaitu dengan memformat ulang hard disk anda. Pastikan data yang penting bagi anda sudah ada cadangannya pada medium lain yang tidak terinfeksi virus, spywre serta program jahat lainnya. Kemudian format hard drive anda dan install os dan prgram aplikasi yang biasa anda pakai. Setelah semua ok, maka copy kembali file-file penting anda pada komputer yang fresh tersebut.

5. Belajar Dari Kesalahan

Buka mata anda ketika menghadapi suatu persoalan dan pelajari dengan baik, karena tidak menutup kemungkinan bahwa persoalan yang sama akan timbul dengan kuantitas yang lebih besar. Belajar tidak hanya dari masalah anda sendiri tetapi juga masalah orang lain bahkan yang anda tidak kenal sekali pun.