2009-03-05

Untuk menjalankan program windows di puppy linux tidak pertamanya tidak semudah yang dibayangkan. Karena puppy adalah distro linux yang kecil yang di dukung oleh sumber daya yang kecil pula, maka banyak orang yang berpikiran kalau puppy tidak akan suport untuk menggunakan wine.

Dulu saya pun beranggapan demikian, tapi sekarang berubah, ternyata puppy bisa suport dengan program linux apa saja, karena puppy bisa merubah file yang tadinya bukan untuk puppy menjadi file yang suport terhadap puppy.

Langsung saja kita coba....

Untuk wine memang puppy tidak mempunyai file PET. File berektension pet ini adalah file pendukung yang bila di klik langsung akan terinstal secara otomatis. Untuk mendapatkan file pet ini silahkan anda download dulu file wine untuk linux slackware. Nama filenya wine-1.1.15-i486-1kjz.tgz Simpan di folder apa saja, kalau saya selalu menyimpan file di /mnt/home karena kalau ada apa-apa dengan program puppy, file masih bisa diakses dengan program lain. Maklum sering coba coba program linux yang lain.

Cara merubah file menjadi PET dengan perintah pada consol:

tgz2pet [namafile]

kalau kesusahan, langsung saja ke tempat file yang dimaksud dengan file managernya, setelah ada di tempat file klik kanan, cari pilihan open console. Lalu ketik tgz2pet wine-1.1.15-i486-1kjz.tgz pada consol puppy tersebut. Kemudian tunggu proses hingga file tadi berubah menjadi wine-1.1.15-i486-1kjz.pet. Langsung klik file wine-1.1.15-i486-1kjz.pet untuk menginstalnya. Dan tunggu proses agak lama.................

Setelah selesai, silahkan coba instal file windows yang akan di coba di puppy... perintahnya

wine [nama file].

Yang perlu diingat bawa jangan sampai ketinggalan nama direktori tempat menyimpan file tersebut. Dan jangan mengarahkan ke direktori yang memakai spasi karena pupy tidak bisa melakukan printah tersebut.

Sebagai contoh, saya mencoba menginstal program billing warnet versi windows di puppy. Lokasi filenya adalah /mnt/home/client/setup.exe jadi perintahnya di consol adalah :

wine /mnt/home/client/setup.exe

ingat jangan mengarahkan instalasi ke folder yang memakai spasi, saya merubah folder yang tadinya memakai spasi menjadi tidak. Seperti Program files menjadi Programfiles. Biasanya pada waktu instalasi suka di tanya ke mana arah tujuan instalasi tersebut.

Kalau sudah selesai, maka kita tinggal coba menjalankan program tadi dengan perrintah yang sama ketiaka menginstal

wine [namafiletujuan]

kalau sudah berhasil menjalankan perintah tadi di consol, coba kita buat dengan membuat script supaya bisa di jalankan secara otomatis. Membuat consolenya dimana saja, kalau saya membuat di /root/user/bin dengan file manager. Di tempat tersebut, klik kanan, pilih new, terus script. Beri nama sesuai dengan nama file yang akan di tuju.

Untuk memudahkan membuat script tadi, buka jendela windows yang baru dan menuju file yang akan di buatkan script. Klik kanan pada file tersebut, terus pilih link nanti akan terbuka jendela baru tang berisikan alamat file, tinggal copy.

Kembali ke scrip tadi yang baru di kasih nama, klik kana, pilih open with lalu pilih geany kalau sudah terbuka paste link file tadi dengan di awali wine terlebih dahulu. Isinya sama dengan perintah menjalankan waktu di consol. Lalu save filenya dan tutup. Program windows langsung bisa di jalankan.

Untuk meletakan script tadi di dekstop, tinggal tarik saja file tersebut ke dekstop nanti akan secara otomatis terbuat shortcutnya. Untuk mempercantik, silahkan buatkan gambar untuk ikonnya.

download wine untuk puppy di sini

0 komentar:

Unordered List

Sample Text

Daftar Blog Saya

Powered By Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget