2009-03-05

Bagi yang suka ngoprek2 komputer mungkin sudah tidak aneh lagi sering menambah partisi atau sebaliknya untuk menginstall macam2 distro di dalam sebuah PC. Untuk menginstall 5 macam sistem operasi dalam sebuah PC maka diperlukan minimal 5 partisi yang berbeda. Untuk itu pahami pengerjaan partisi.

1. Jenis partisi.
a. Primary
b. Extended
c. Logical
d. Swap

2. Maksimal partisi utama di hardisk hanya empat partisi saja, selebihnya jika ingin menambah partisi lagi maka dibuat Extended partisi lalu dibuat partisi logical. Apa itu? nanti dijelaskan.

3. Mengerjakan partisi itu perlu supply power yg continue. Artinya jangan sampai mati lampu. Klo power terputus pada saat pengerjaan maka partisi akan blank. Ngk masalah sih klo ngk ada datanya. Tp klo ada datanya bisa menangis 7 hari 7 malam.

4. Hindari pengerjaan partisi aktif. Artinya mengerjakan partisi yg ada datanya. Resize partisi aktif akan memakan waktu yg lama dan klo kita coba batalkan maka juga akan membuat partisi blank. Hilang tu data di partisi itu.

5. Jika ingin membuat banyak partisi, misal 10 partisi sebaiknya buat tiga partisi dulu. Dua partisi primary dan satu partisi extended. Sisanya buat partisi logical. Klo distro linux tdk akan bermasalah diinstall di partisi logical. Win 98 yg tdk bisa diinstall di partisi logical. Ngomong2 ada yg msh pake win 98 dalam multybooting?

6. Extended partisi adalah ibarat sebuah rumah yg didalamnya memiliki banyak kamar. Rumah itu adalah extended partisi dan kamar itu adalah logical partisi. Memang dia memiliki penamaan seperti nama partisi yg lain seperti sda3, tetapi dia bukanlah partisi. Jadi yg bisa diisi adalah partisi logical yg ada di dalam extended partisi.

7. Setelah partisi utama habis terbuat maka hanya akan ada pilihan membuat partisi logical yg terletak di dalam extended partisi dengan syarat extended partisi sudah dibuat terlebih dahulu.

8. Partisi swap adalah partisi yg digunakan oleh linux untuk memindahkan proses yg ada di memori (RAM). Buat swap sebesar RAM anda itu idealnya.

9. Untuk meresize/melebarkan/menyempitkan partisi maka untuk langkah amannya kosongkan dulu partisi tersebut baru dikerjakan. Partisi yg kosong lebih cepat dikerjakan dan lebih aman. Ingat, awas padam listrik.

10. Oh ya ingat file system. NTFS untuk windows XP ke atas. Ext2, Ext3 untuk linux. Ext4 juga ada di kernel linux yg baru 2.6.28 yg mendukung hardisk sebesar 1 EB (exbi byte). Sekitar 1024 PB, sekitar 1 juta TB, Atau 1 milyar GB.

11. Ingat selalu untuk backup data dan awas padam listrik saat mengerjakan partisi yg ada datanya. Pake selalu UPS.

12. Gunakan Live CD yg ringan seperti Parted Magic untuk mengerjakan partisi dan sudah mendukung Live USB.

0 komentar:

Unordered List

Sample Text

Daftar Blog Saya

Powered By Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget